Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe team quiz berbantu media audiovisual terhadap pemahaman konsep siswa materi struktur bumi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muharochimin, Nalinda Alif (2025) Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe team quiz berbantu media audiovisual terhadap pemahaman konsep siswa materi struktur bumi. Undergraduate thesis, Uin Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nalinda Alif Muharochimin_06041021052.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Nalinda Alif Muharochimin_06041021052_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 July 2028.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep pada siswa kelas VIII di SMPN 1 Mantup. Hal ini disebabkan karena kurang maksimalnya penerapan model pembelajaran yang digunakan oleh guru, khususnya pada materi struktur bumi sehingga menjadi satu dari sekian banyak faktor penyebab rendahnya kemampuan pemahaman konsep siswa. Oleh sebab itu, dilakukannya penelitian dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Quiz berbantu media audiovisual yang diharapkan dapat menjadi solusi dari permasalahan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain non-equivalent control group design menggunakan rancangan pretest posstest experimental control group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Sampel penelitian merupakan kelas VIII E sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII F sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui observasi, angket, dan tes. Teknik analisis lembar observasi, analisis angket respon peserta didik, analisis statistik deskriptif kemampuan pemahaman konsep siswa, analisis data menggunakan uji independent sample t-test, dan perhitungan N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yang dibuktikan dengan hasil analisis pada lembar observasi aktivitas guru pada kelas eksperimen memperoleh kriteria sangat efektif dengan nilai persentase 96,66% masuk dalam kategori sangat efektif, begitupun aktivitas siswa dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team quiz berbantu media audiovisual mencapai 100%. Hasil respon peserta didik memperoleh sebanyak 93,61% yang berarti sudah memenuhi kriteria sangat positif dengan perolehan persentase 85% ≤ RPD. Hasil uji independent sample t-test menunjukkan nilai signifikansi < nilai alpha yaitu sebesar 0,001 < 0,05, yang menunjukkan H₀ ditolak dan H₁ diterima, atau terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil posttest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil statistik deskriptif rata-rata nilai post-test pemahaman konsep siswa pada kelas ekperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, yaitu pada kelas eksperimen memperoleh 74,2 sedangkan rata-rata pada kelas kontrol memperoleh nilai 57,63. Hasil perhitungan N-Gain menunjukkan terdapat peningkatan nilai kemampuan pemahaman konsep pada kelas eksperimen dengan skor N-Gain sebesar 0,5427 dengan kategori sedang lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang hanya memperoleh 0.2790, sehingga model pembelajaran kooperatif tipe team quiz berbantu media audiovisual dikatakan efektif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muharochimin, Nalinda Alif06041021052@student.uinsby.ac.id06041021052
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHidayati, Srisriepid822gmail.com0925018203
Thesis advisorFajar Arum, Wahyuniwahyuni.fajar.arum@uinsa.ac.id0518039002
Subjects: Biologi
Guru
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Model pembelajaran koopertif tipe team quiz; media audiovisual; pemahaman konsep
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPA
Depositing User: Nalinda Alif Muharochimin
Date Deposited: 07 Jul 2025 03:45
Last Modified: 07 Jul 2025 03:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/82115

Actions (login required)

View Item View Item