This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Fadhilah, Alfia Hanum (2025) Implementasi pembelajaran berbasis proyek dalam meningkatkan kompetensi 4C (critical thinking, communication, collaboration, creativity) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA Kemala Bhayangkari 1 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Alfia Hanum Fadhilah_06040121085.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
Alfia Hanum Fadhilah_06040121085_Full.pdf Restricted to Repository staff only until 7 July 2028. Download (4MB) |
Abstract
Pembelajaran berbasis proyek adalah metode pembelajaran yang mengutamakan partisipasi aktif peserta didik dalam mengembangkan proyek konkret untuk mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning), mengetahui tingkat kompetensi 4C peserta didik dan pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan kompetensi 4C (Critical Thinking, Communication, Collaboration, Creativity) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA Kemala Bhayangkari 1 Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yang menggunakan data deskriptif yang diperoleh dari kata-kata narasumber, baik secara lisan maupun tulisan. Penelitian ini juga termasuk dalam kategori penelitian lapangan (field research), di mana data yang dikumpulkan berasal dari observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dilakukan oleh penulis. Untuk menganalisis data, penulis menggunakan tiga tahapan analisis yang dikemukakan oleh Miles, Huberman, dan Saldana, yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta verifikasi. Adapun hasil penelitian menunjukaan bahwa: penerapan pembelajaran berbasis proyek di SMA Kemala Bhayangkari 1 Surabaya mampu menginspirasi peserta didik untuk mengembangkan berpikir kritis dalam mengatasi persoalan yang dihadapi, berkomunikasi secara efektif dalam kelompok, bekerja sama dalam menyelesaikan tugas proyek, serta menumbuhkan kreativitas dalam menyampaikan ide-ide proyek secara inovatif. Faktor pendukung dalam implementasi ini antara lain dukungan pendidik PAI, keterlibatan aktif peserta didik, serta ketersediaan sarana pendukung pembelajaran. Adapun kendala yang dihadapi meliputi keterbatasan waktu dan variasi kemampuan peserta didik dalam bekerja kelompok. Dengan demikian, pembelajaran berbasis proyek terbukti efektif dapat meningkatkan kompetensi 4C peserta didik dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Media Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan |
||||||||||||
Keywords: | : pembelajaran berbasis proyek; kompetensi 4C; Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti; SMA Kemala Bhayangkari 1 Surabaya | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Alfia Hanum Fadhilah | ||||||||||||
Date Deposited: | 07 Jul 2025 02:45 | ||||||||||||
Last Modified: | 07 Jul 2025 02:45 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/82137 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |