Korelasi pemahaman konsep dan representasi matematika siswa pada materi fungsi linear

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Oktaviani, Amelia Arinda (2025) Korelasi pemahaman konsep dan representasi matematika siswa pada materi fungsi linear. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Amelia Arinda Oktaviani_06020421033 OK.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Amelia Arinda Oktaviani_06020421033 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 17 July 2028.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh surat keputusan BSKAP yang menegaskan bahwa pemahaman konsep matematis dan representasi matematis merupakan dua kemampuan krusial yang harus dicapai dalam pembelajaran matematika. Kedua kemampuan tersebut saling berkaitan dan berperan penting dalam membantu siswa memahami materi, menyelesaikan masalah, serta mengomunikasikan ide-ide matematika secara efektif. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi pemahaman konsep dan representasi matematika siswa. Temuan dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran kepada pendidik mengenai sejauh mana keterkaitan kedua kemampuan tersebut, sehingga dapat dijadikan dasar dalam merancang strategi pembelajaran yang lebih efektif dan bermakna di sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Sampel pada penelitian ini yakni kelas VIII-D sebanyak 32 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa tes tulis diantaranya, tes pemahaman konsep matematika dan tes representasi matematika. Data hasil tes diuji normalitasnya menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov, kemudian diketahui bahwa data berdistribusi tidak normal sehingga data dianalisis menggunakan uji Spearman Rank Correlation.Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Tingkat pemahaman konsep matematika siswa pada kategori tinggi yaitu sebanyak 7 siswa atau 21,9%, pada kategori sedang sebanyak 20 siswa atau 62,5% serta pada kategori rendah sebanyak 5 siswa atau 15,6%. 2) Tingkat representasi matematika siswa pada kategori tinggi yaitu sebanyak 14 siswa atau 43,8%, pada kategori sedang sebanyak 13 siswa atau 40,6% serta pada kategori rendah sebanyak 5 siswa atau 15,6%. 3) Terdapat korelasi antara pemahaman konsep dan representasi matematika siswa pada materi fungsi linear. Hal ini dibuktikan dengan nilai korelasi (r_s ) pada Spearman Rank Correlation sebesar 0,487 dan nilai signifikansi korelasi sebesar 0,005<0,05 yang berarti tidak cukup bukti untuk menerima H_0, dengan kata lain ada hubungan yang signifikan antara pemahaman konsep matematika dengan representasi matematika pada materi fungsi linear.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Oktaviani, Amelia Arindaameliaarinda02@gmail.com06020421033
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArrifadah, Yuniyuni.arrifadah@uinsby.ac.id2005067301
Thesis advisorSutini, Sutinisutinimiskun@uinsby.ac.id2003017703
Subjects: Matematika
Keywords: pemahaman konsep; representasi matematika; korelasi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Amelia Arinda Oktaviani
Date Deposited: 17 Jul 2025 00:53
Last Modified: 17 Jul 2025 00:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/82228

Actions (login required)

View Item View Item