Implementasi strategi pembelajaran Sains berbasis agama di MA Unggulan Darul 'Ulum Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Octavia, Rina (2025) Implementasi strategi pembelajaran Sains berbasis agama di MA Unggulan Darul 'Ulum Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rina Octavia_D91218155 OK.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Rina Octavia_D91218155 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 23 June 2028.

Download (5MB)

Abstract

Berdasarkan studi awal pada saat sekolah di MA Unggulan Darul ‘Ulum Peterongan Jombang penulis menyadari bahwa di kelas jurusan keagamaan terdapat pembelajaran sains berbasis agama. Biasanya pada kebanyakan sekolah atau madrasah pembelajaran sains dan agama adalah suatu pembelajaran dengan keilmuan sendiri dan dipisahkan, sementara di MA Unggulan Darul ‘Ulum Peterongan Jombang bukan hanya dipisahkan akan tetapi mengintegrasikan keilmuan sains dan agama yang dijadikan dalam suatu sub pembelajaran tersendiri. Hal tersebut menjadi suatu hal yang patut diketahui bagaimana dan apakah faktor penyebab adanya pelajaran sains di madrasah itu terjadi. Selain itu, bagaimana implementasi strategi pembelajaran sains dengan berbasiskan dalil-dalil agama menjadi hal yang menarik untuk dibahas dalam permasalahan tersebut. Penelitian dengan judul “Implementasi Strategi Pembelajaran Sains berbasis Agama di MA Unggulan Darul ‘Ulum Jombang”, mengaplikasikan rumusan masalah yang sejalan dengan latar belakang yang telah diidentifikasi tentang adanya pembelajaran tersebut, bagaimana tahapan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, juga hasil yang diperoleh dalam proses aktivitas belajar. Tujuan adanya penelitian ini yaitu guna mendapatkan rincian jawaban dari beberapa pembahasan tersebut dengan jelas. Penelitian yang disusun memakai kategori penelitian kualitatif dengan artian langsung meneliti di lapangan yang biasa disebut field research memakai jenis narasi deskriptif yang bersifat kualitatif yang dengan memaparkan dan mendeskripsikan secara benar sesuai apa adanya dengan tujuan memahami keadaan atau fenomena sosial yang terjadi secara realistis yang data-datanya tidak berupa angka atau data statistik tetapi dijelaskan dengan narasi kata dan gambar. Analisis yang diteliti tentunya didapatkan melewati cara wawancara, dokumentasi, dan observasi dengan melakukan pengamatan langsung ke sekolah dan wawancara beberapa pihak terkait sebagai dasar informasi terhadap penelitian ini. Penelitian berlokasikan di MA Unggulan Darul ‘Ulum Jombang menggunakan analisis reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan serta verifikasi data yang telah diperoleh pada saat melakukan penelitian. Dengan harapan agar penelitian yg dilakukan dapat menjadi manfaat dan memberikan kontribusi kepada siapapun yang mempunyai hubungan atau korelasi mengenai penelitian.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Octavia, Rinarinaoctva.2929@gmail.comD91218155
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
UNSPECIFIEDJazil, Saifuljazilubna@gmail.com2012126901
UNSPECIFIEDAmrullah, Amrullahaamrullahaziz@gmail.com2003097303
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Pembelajaran
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Strategi pembelajaran; integrasi keilmuan; sains berbasis agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rina Octavia
Date Deposited: 07 Jul 2025 04:45
Last Modified: 07 Jul 2025 04:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/82245

Actions (login required)

View Item View Item