This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Anggorowati, Pradita Anggi (2025) Pengembangan media pembelajaran berbasis smart apps creator untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi ekologi kelas vii di SMP Negeri 26 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Pradita Anggi Anggorowati_06041021055.pdf Download (10MB) |
![]() |
Text
Pradita Anggi Anggorowati_06041021055_Full.pdf Restricted to Repository staff only until 14 July 2028. Download (10MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VII di SMP Negeri 26 Surabaya. Hal ini disebabkan karena penggunaan media pembelajaran yang masih kurang optimal saat proses pembelajaran. Keterbatasan penggunaan teknologi seperti media bagi siswa disekolah dan kesulitan pemahaman terhadap materi yang bersifat abstrak, serta kurangnya kemampuan berpikir kritis siswa yang melatarbelakangi pengembangan media pembelajaran berbasis Smart Apps Creator. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis Smart Apps Creator ini dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis bagi siswa kelas VII di SMP Negeri 26 Surabaya yang valid, praktis, dan efektif. Metode dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Subjek uji coba siswa kelas 7 di SMP Negeri 26 Surabaya dengan satu kelas untuk uji kepraktisan media dan dua kelas untuk uji keefektifan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kegiatan wawancara, observasi, validasi instrumen, angket, dan tes. Instrumen yang digunakan melalui lembar validasi untuk mengukur kevalidan media, angket respon dan lembar observasi penggunaan media yang digunakan untuk menilai kepraktisan media. Lembar soal pretest posttest digunakan untuk menilai keefektifan dari media pembelajaran berbasis Smart Apps Creator serta menilai kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis Smart Apps Creator dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa yang didapatkan dari uji kevalidan pada instrumen lembar validasi media, materi, dan soal. Persentase rata-rata hasil perolehan skor kevalidan media, materi, dan soal sebesar 86,22% dan dinyatakan sangat valid untuk digunakan. Hasil uji kepraktisan media yang dilakukan kepada guru IPA dan siswa dengan menggunakan angket respon mencapai rata-rata persentase 88,6% dinyatakan sangat praktis untuk digunakan. Selain itu, uji kepraktisan yang dilakukan oleh guru IPA dan siswa dengan pemberian lembar observasi penggunaan media mencapai rata-rata persentase 89,75% sehingga menunjukkan media sangat praktis untuk digunakan. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis Smart Apps Creator dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dapat dikatakan efektif dengan hasil perolehan nilai pada uji T-Independen dengan nilai signifikansi sebesar 0,00 yang artinya terdapat perbedaan nilai rata-rata pretest dan posttest kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil uji n-gain kelas ekperimen sebesar 0,43 lebih besar dari kelas kontrol sebesar 0,35 berada pada kategori sedang sesuai dalam tabel kriteria Normalized Gain (N-Gain) berada pada rentang 0,30 ≤ (g) < 0,70 sehingga media tersebut efektif digunakan. Dengan demikian, media pembelajaran interaktif berbasis Smart Apps Creator dinyatakan valid, praktis, dan efektif digunakan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Pendidikan > Media | ||||||||
Keywords: | Pengembangan media pembelajaran berbasis smart apps creator; kemampuan berpikir kritis | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPA | ||||||||
Depositing User: | Pradita Anggi Anggorowati | ||||||||
Date Deposited: | 14 Jul 2025 08:12 | ||||||||
Last Modified: | 14 Jul 2025 08:12 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/82311 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |