Peningkatan kinerja guru melalui hasil evaluasi dan refleksi diri di MIN 1 Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Andryani, Anastasya Dwi (2025) Peningkatan kinerja guru melalui hasil evaluasi dan refleksi diri di MIN 1 Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Anastasya Dwi Andryani_06020321024.pdf

Download (8MB)
[img] Text
Anastasya Dwi Andryani_06020321024_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 9 July 2028.

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Peningkatan Kinerja Guru Melalui Hasil Evaluasi dan Refleksi Diri di MIN 1 Kota Surabaya. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Adapun informan penelitian terdiri dari kepala madrasah, guru bidang kurikulum, guru bidang kesiswaan, dan guru kelas. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian dilakukan teknik regulasi data dalam menguji keabsahan data penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kinerja guru terdiri dari beberapa faktor, antara lain: kompetensi pedagogik dalam pengelolaan kelas dan pembentukan karakter siswa, peran aktif dalam pengembangan kurikulum melalui tes diagnostik, motivasi kerja melalui kolaborasi antar guru, serta inovasi pembelajaran yang menarik dan bermakna. Evaluasi kinerja berfungsi untuk mengukur efektivitas pembelajaran dengan fokus pada kemampuan mengajar, kolaborasi dengan mitra pendidikan, dan penerapan ujian sumatif. Sementara itu, refleksi diri dilakukan melalui jurnal pembelajaran, diskusi dengan teman sejawat, dan refleksi berbasis tindakan. Upaya peningkatan kinerja juga tercermin dari sikap terbuka terhadap perubahan, pemantauan kemajuan belajar siswa, dan evaluasi etos kerja. Hasilnya menunjukkan adanya kemajuan kinerja guru dan hasil belajar siswa berdasarkan AKMI dan evaluasi kinerja pegawai, meskipun masih terdapat tantangan seperti keterbatasan teknologi dan fasilitas. Temuan ini menegaskan pentingnya evaluasi dan refleksi diri dalam mendukung profesionalisme dan efektivitas pembelajaran.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Andryani, Anastasya Dwianastasya0389@gmail.com06020321024
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFitriatin, Nurnurfitriatin@uinnsby.ac.id2012016701
Thesis advisorBachtiyar, Machfudbachtiyar.mahfud@gmail.com2009047701
Subjects: Pendidikan > Manajemen Kelas
Pendidikan > Evaluasi
Pendidikan > Pendidikan - Kualitas Guru
Keywords: Kinerja guru; evaluasi; refleksi diri
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Anastasya Dwi Andryani
Date Deposited: 09 Jul 2025 02:24
Last Modified: 09 Jul 2025 02:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/82313

Actions (login required)

View Item View Item