Peningkatan citra madrasah melalui penerapan program gerakan furudhul ainiyah di MI Tarbiyatul Muwahhidin Cerme Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maisyaroh, Aisyah Anis (2025) Peningkatan citra madrasah melalui penerapan program gerakan furudhul ainiyah di MI Tarbiyatul Muwahhidin Cerme Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aisyah Anis Maisyaroh_06040321064.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Aisyah Anis Maisyaroh_06040321064_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 9 July 2028.

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini mengangkat tema tentang upaya peningkatan citra madrasah melalui penerapan program Gerakan Furudhul Ainiyah di MI Tarbiyatul Muwahhidin Cerme Gresik. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada kondisi MI Tarbiyatul Muwahhidin yang masih memerlukan peningkatan prestasi serta penilaian positif dari masyarakat sekitar. Oleh sebab itu, diperlukan langkah strategis berupa penerapan program Gerakan Furudhul Ainiyah untuk memperbaiki dan menguatkan citra madrasah tersebut. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana citra madrasah terbentuk, bagaimana penerapan program Gerakan Furudhul Ainiyah berjalan, serta mengidentifikasi faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam proses peningkatan citra madrasah melalui program tersebut di MI Tarbiyatul Muwahhidin Cerme Gresik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian meliputi kepala madrasah, para guru, dan ketua yayasan yang berperan sebagai informan kunci. Sedangkan objek penelitian difokuskan pada upaya peningkatan citra madrasah melalui penerapan program Gerakan Furudhul Ainiyah. Pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Peningkatan citra madrasah tercermin dari persepsi positif masyarakat terhadap kualitas pendidikan. Melalui aspek penting personality, reputation, value, dan physical evidence. MI Tarbiyatul Muwahhidin Cerme Gresik membangun citra tersebut melalui program unggulan Gerakan Furudhul Ainiyah yang menanamkan nilai religius dan kedisiplinan. Citra positif terlihat dari meningkatnya jumlah pendaftar, kualitas lulusan, dan lingkungan madrasah yang kondusif. (2) Penerapan program Gerakan Furudhul Ainiyah di MI Tarbiyatul Muwahhidin Cerme Gresik telah berjalan dengan baik. Ada beberapa pembiasaan kegiatan yakni menghafalkan juz amma, do’a sehari-hari, membaca Al-Qur’an, belajar membaca kitab, menulis pegon, MIP, istighosah dan sholat dhuha berjamaah. Dengan adanya penerapan program Gerakan Furudhul Ainiyah membantu peserta didik untuk memiliki karakter yang sesuai dengan ajaran Islam dan mampu meningkatkan citra madrasah. (3) Implikasi keberhasilan peningkatan citra melalui penerapan Gerakan Furudhul Ainiyah di MI Tarbiyatul Muwahhidin Cerme Gresik tampak pada terbentuknya karakter religius peserta didik dan meningkatnya kepercayaan masyarakat. Didukung struktur organisasi yang kuat dan sinergi antar elemen madrasah, program ini berhasil memperkuat citra madrasah meskipun menghadapi hambatan berupa perbedaan minat dan stigma negatif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maisyaroh, Aisyah Anisaisyahanismaisyaroh01@gmail.com06040321064
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMaarif, Samsulsamsul_jombang@yahoo.com2007046401
Thesis advisorSahudi, Sahudisahudi77.MS@gmail.com2012047702
Subjects: Manajemen Pendidikan
Keywords: Citra madrasah; program gerakan Furudhul Ainiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Aisyah Anis Maisyaroh
Date Deposited: 09 Jul 2025 02:12
Last Modified: 09 Jul 2025 02:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/82316

Actions (login required)

View Item View Item