This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Imro’atus Sa’diyah, Dewi Yanti (2025) Pengaruh beban kerja yang dimediasi oleh kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan di NH Travel Surabaya perspektif ekonomi syariah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Dewi yanti Imroatus Sa'diyah_08040421132 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 9 July 2028. Download (2MB) |
![]() |
Text
Dewi yanti Imroatus Sa'diyah_08040421132 OK.pdf Download (2MB) |
Abstract
Peningkatan jumlah jamaah haji dan umrah di Indonesia memberikan peluang sekaligus tantangan bagi perusahaan di industri perjalanan ibadah. Dengan permintaan yang terus meningkat, perusahaan perlu memastikan pelayanan yang optimal untuk memenuhi kebutuhan jamaah. Salah satu tantangan yang dihadapi adalah beban kerja yang tinggi pada karyawan, yang harus dikelola dengan baik agar dapat mempertahankan kinerja dan kualitas layanan yang diberikan kepada jamaah.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran kepuasan kerja sebagai mediator dalam hubungan antara beban kerja dan kinerja karyawan, serta mengkaji perspektif ekonomi syariah terhadap pengelolaan beban kerja dan kinerja karyawan di NH Travel Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Sampel penelitian terdiri dari 30 responden yang merupakan sampel jenuh. Analisis data dilakukan dengan menggunakan SMARTPLS 4.0 melalui teknik analisis outer model, inner model dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan antara beban kerja terhadap kepuasan kerja dan antara beban kerja terhadap kinerja karyawan. Namun, tidak ditemukan pengaruh signifikan antara beban kerja terhadap kinerja karyawan melalui kepuasan kerja sebagai mediator. Dari perspektif ekonomi syariah, penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan beban kerja yang adil dan seimbang di NH Travel mencerminkan penerapan prinsip Khilafah, Tawazun, dan Keadilan, yang berkontribusi pada peningkatan kinerja dan kesejahteraan karyawan. Penelitian ini memberikan rekomendasi kepada NH Travel untuk terus mengelola beban kerja secara bijaksana, menjaga keseimbangan pekerjaan dan kesejahteraan karyawan, serta meningkatkan program kesejahteraan untuk menjaga motivasi dan kinerja. Selain itu juga kepada peneliti selanjutnya untuk memperluas variabel yang diteliti dan mengeksplorasi faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi kinerja karyawan, termasuk faktor eksternal yang dapat berdampak pada efektivitas karyawan.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Ekonomi Ekonomi Islam Bisnis Etika |
||||||||
Keywords: | beban kerja; kepuasan kerja; kinerja karyawan; ekonomi syariah | ||||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah | ||||||||
Depositing User: | Dewi Yanti Imro'atus Sa'diyah | ||||||||
Date Deposited: | 09 Jul 2025 05:17 | ||||||||
Last Modified: | 09 Jul 2025 05:17 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/82320 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |