Analisis representasi matematis peserta didik dalam memecahkan masalah matematika mengacu pada taksonomi SOLO dibedakan dari gaya belajar

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Salsabila, Fadila Raihana (2025) Analisis representasi matematis peserta didik dalam memecahkan masalah matematika mengacu pada taksonomi SOLO dibedakan dari gaya belajar. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fadila Raihana Salsabila_06040421070 OK.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Fadila Raihana Salsabila_06040421070 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 8 July 2028.

Download (2MB)

Abstract

Representasi matematis dalam pembelajaran matematika memiliki peran krusial karena menunjukkan bagaimana peserta didik memahami, memproses, serta menyelesaikan persoalan matematika. Dalam praktiknya, masih banyak peserta didik yang mengalami kesulitan dalam mengungkapkan ide matematis secara tepat, baik secara visual, verbal, maupun simbolik, sehingga berdampak pada rendahnya kemampuan pemecahan masalah. Variasi gaya belajar diduga memengaruhi bentuk representasi yang digunakan dalam proses pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan bentuk-bentuk representasi matematis yang ditampilkan oleh peserta didik dengan gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik, dengan mengacu pada taksonomi SOLO (Structure of the Observed Learning Outcome). Penelitian ini tergolong sebagai penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian mencakup peserta didik kelas VIII-A di MTsN 1 Sumenep yang dipilih berdasarkan tipe gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik, yang ditentukan melalui pengisian angket gaya belajar. Terdapat 9 peserta didik dipilih sebagai subjek, masing-masing mewakili 3 tipe gaya belajar, yaitu 3 peserta didik bergaya belajar visual, 3 dengan gaya belajar auditori, dan 3 lainnya bergaya belajar kinestetik. Pemilihan subjek dilakukan menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui pemberian soal pemecahan masalah serta wawancara. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model interaktif Miles dan Huberman, yang mencakup tiga tahapan utama, yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa peserta didik dengan gaya belajar visual cenderung menggunakan tabel atau diagram dan berada pada level representasi relasional. Peserta didik dengan gaya belajar auditori cenderung menggunakan kata-kata atau pemahaman lisan dan berada pada level relasional. Sementara itu, peserta didik kinestetik cenderung menggunakan representasi simbolik dan berada pada level relasional juga. Oleh karena itu, disarankan penerapan strategi pembelajaran yang sesuai dengan gaya belajar untuk mengoptimalkan kemampuan representasi matematis.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Salsabila, Fadila Raihanafadilarspmt@gmail.com06040421070
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHamdani, A. Saepulasepsaepulhamdani@uinsby.ac.id2031076501
Thesis advisorSadieda, Lisanul Uswahlisanuluswah@uinsby.ac.id2026098302
Subjects: Belajar
Matematika
Keywords: Representasi matematis; gaya belajar; pemecahan masalah; taksonomi SOLO
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Fadila Raihana Salsabila
Date Deposited: 08 Jul 2025 09:46
Last Modified: 08 Jul 2025 09:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/82352

Actions (login required)

View Item View Item