Pendidikan humanistik perspektif Ki Hadjar Dewantara dan Ivan Illich serta relevansinya dengan pendekatan Deep Leraning

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Arbi, Zidan Fahman (2025) Pendidikan humanistik perspektif Ki Hadjar Dewantara dan Ivan Illich serta relevansinya dengan pendekatan Deep Leraning. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zidan Fahman Arbi_06020121074 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Zidan Fahman Arbi_06020121074 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 9 July 2028.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menggali dan membandingkan pemikiran Ki Hadjar Dewantara dan Ivan Illich tentang pendidikan humanistik, serta menganalisis relevansinya terhadap praktik pendidikan pada saat ini. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1). pendidikan humanistik perspektif Ki Hadjar Dewantara, (2). pendidikan humanistik Perspektif Ivan Illich, (3). Komparasi pemikiran pendidikan humanistik Ki Hadjar Dewantara dan Ivan Illich (4). Relevansi pemikiran pendidikan humanistik Ki Hadjar Dewantara dan Ivan Illich terhadap pendekatan Deep Learning. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kepustakaan (Library Research). Data dikumpulkan dari berbagai sumber literatur primer, sekunder, dan tersier. Seperti buku, artikel, jurnal ilmiah, dan dokumen-dokumen yang relevan dengan Ki Hadjar Dewantara dan Ivan Illich serta konsep pendidikan humanistik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa meskipun memiliki latar belakang sosial dan kebangsaan yang berbeda, pemikiran Ki Hadjar Dewantara dan Ivan Illich memiliki titik persamaan, dimana kedua tokoh ini menekankan pentingnya kebebasan, kemandirian, dan pengembangan potensi individu dalam pendidikan. Pemikiran kedua tokoh ini masih relevan jika poin di pendidikan humanisnya diterapkan pada abad ke-21. Khususnya untuk sistem pendidikan yang melibatkan orang tua, guru, dan masyarakat untuk berpartisipasi secara aktif. Untuk menciptakan ekosistem pendidikan yang adaptif, partisipatif, dan berorientasi pada kemanusiaan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Arbi, Zidan Fahmanzidanfa142@gmail,com06020121074
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAbitolkha, Amir Malikiamir.abitolkha@gmail.com--
Thesis advisorIksan, Iksaniksankamil.sahri@uinsa.ac.id202111010
Subjects: Biografi
Filsafat
Islam dan Humanisme
Pendidikan
Keywords: Pendidikan Humanistik; Ki Hadjar Dewantara; Ivan Illich; Deep Learning
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Zidan Fahman Arbi
Date Deposited: 09 Jul 2025 14:18
Last Modified: 09 Jul 2025 14:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/82373

Actions (login required)

View Item View Item