This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Lestari, Afina Suci (2025) Pengembangan perangkat pembelajaran matematika dengan strategi practice rehearsal pairs untuk melatih keterampilan kolaborasi siswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Afina Suci Lestari_06010421002 OK.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Afina Suci Lestari_06010421002 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 10 July 2028. Download (7MB) |
Abstract
Keterampilan kolaborasi merupakan salah satu keterampilan yang hasrus dikuasai oleh siswa akan tetapi keterampilan kolaborasi masih tergolong rendah. Hal ini diketahui dari hasil observasi di SMP Negeri 13 Surabaya bahwa siswa kurang berpartisipasi aktif dalam kegiatan kerja kelompok. Sehingga untuk melatih keterampilan kolaborasi dilakukan pengembangan perangkat pembelajaran berupa modul ajar dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan, kevalidan, kepraktisan perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan serta untuk mendeskripsikan keterampilan kolaborasi siswa setelah proses pembelajaran matematika menggunakan strategi Practice Rehearsal Pairs Penelitian ini menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri dari tiga fase, yaitu fase pendahuluan, fase pembuatan prototipe, dan fase penilaian. Uji coba dilakukan pada kelas VII-D SMP Negeri 13 Surabaya dengan jumlah siswa sebanyak 26 orang. Teknik pengumpul data dalam penelitian ini meliputi catatan lapangan, wawancara, angket validasi, dan observasi dengan Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif rata-rata dan pesentase. Hasil penelitian pada fase pendahuluan menunjukkan bahwa pembelajaran di SMP Negeri 13 Surabaya telah menerapkan pembelajaran langsung dan pembelajarn aktif dengan kurikulum merdeka, namun keterampilan kolaborasi masih tergolong rendah karena pembelajaran belum secara khusus memfokuskan pada keterampilan kolaborasi siswa. Materi penelitian yang digunakan adalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Pada fase pembuatan prototype, perangkat pembelajaran telah disusun. Pada fase penilaian, perangkat telah divalidasi dan diuji cobakan. Modul ajar dan Lembar kerja Peserta Didik (LKPD) berada pada kategori “sangat valid”. Selanjutnya, modul ajar dan LKPD dinyatakan “praktis” dengan perolehan nilai masing-masing A, yang berarti dapat digunakan tanpa revisi. Setelah dilakukan uji coba menunjukkan bahwa 50% siswa berada dalam kriteria keterampilan kolaborasi tinggi dan 50% dalam kriteria keterampilan kolaborasi sedang.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Keterampilan Matematika |
||||||||||||
Keywords: | Pengembangan; Strategi Practice Rehearsal Pairs; Keterampilan Kolaborasi | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||||||||
Depositing User: | Afina Suci Lestari | ||||||||||||
Date Deposited: | 10 Jul 2025 10:23 | ||||||||||||
Last Modified: | 10 Jul 2025 10:23 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/82423 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |