KONSEP PENDIDIKAN TAUHID DALAM MEMBENTUK AHLAQ ANAK DIDIK DALAM KELUARGA PERSPEKTIF MUHAMMAD ABDUH

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wardana, Solahuddin Hendra (2010) KONSEP PENDIDIKAN TAUHID DALAM MEMBENTUK AHLAQ ANAK DIDIK DALAM KELUARGA PERSPEKTIF MUHAMMAD ABDUH. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 6.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (19kB) | Preview

Abstract

Penulis Mengambil Pemikiran Muhammad Abduh tentang Pendidikan Tauhid sebagai pijakan atau alat analisis untuk melihat perkembangan akhlaq atau impach dari anak didik dalam frame keluarga pada khususnya, dan pengembangan pendidikan agama islam(PAI) pada umumnya, untuk kemudian dapat memberikan suatu tawaran atau solusi dari hasil analisis yang diperoleh.
Adapun rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah Sebagaimana berikut: Konsep pendidikan tauhid perspektif Muhammad Abduh, yakni : pengertian tauhid, konsep tauhid menurut Muhammad Abduh, dan uraian pendidikan Tauhid dalam keluarga.
Untuk memperoleh hasil penelitian tersebut, peneliti menggunakan beberapa metode antara lain : Deduktif, induktif, dan komparatif. Adapun jenis penelitiannya menggunakan penelitian pustaka (library research) dengan pendekatan deskriptif-analitis terhadap data (primer dan sekunder) yang bersifat kualitatif.
Hasil pemikiran yang diperoleh adalah pemikiran Muhammad Abduh tentang pendidikan Tauhid adalah model pendidikan yang berakar pada akidah ketauhidan dan melepaskan manusia dari kejumudan maupun kepada ikatan-ikatan berhala, disamping benda-benda lain, yang posisinya hanyalah sebagai makhluk Allah SWT. karena selama ini banyak sekali tontonan-tontonan yang kurang mendidik yang kurang memberikan tuntunan kepada anak didik, yang berdampak buruk pada mindset kejiwaan anak, malah sebuah upaya ''proses pembodohan'' yang menggiring kembali ke pola pikir masa lalu (back to traditional), mempercayai mitos, klenik, sihir dan menumbuh suburkan budaya khayal, berangan-angan, sehingga dapat mempengaruhi alam bawah sadar mereka, maka yang terjadi mereka bukan hanya mudah untuk putus asa karena kurang menghargai realitas mereka, juga berdampak pada kurang pekanya generasi muda kita terhadap tantangan dunia pasar bebas (ACFTA) di era globalisasi ini!
Untuk mengimplementasikan konsep tauhid terhadap akhlaq anak didik adalah dimulai dari penerapan akhlaq dari lingkungan keluarga, karena bagaimanapun mainset anak didik dibentiuk dan dimulai dari pembentukan konsep keluarga sakinah, dengan cara menanamkan norma nilai-nilai yang baik dan berakhlakul karimah serta mengajarkan nilai-nilai yang baik, sopan-santun dalam bertuturkata, berbuat dan bertingkah laku, utamanyadalam hal memberikan keteladanan yang baikkepada anak serta menuntun ketauhidan mereka.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wardana, Solahuddin HendraUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Prophetic Intelligence
Keywords: Pendidikan Tauhid; Pendidikan Akhlak; Pendidikan Islam; Pendidikan Anak
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 11 Aug 2010
Last Modified: 18 Feb 2015 05:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/8243

Actions (login required)

View Item View Item