Pengaruh Eco Label, Environmental Awareness, dan Religiosity terhadap Green Purchase Behaviour produk Sampo Hijab

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anastasya, Dea Putri (2025) Pengaruh Eco Label, Environmental Awareness, dan Religiosity terhadap Green Purchase Behaviour produk Sampo Hijab. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dea_Putri_Anastasya_08020321045 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Dea_Putri_Anastasya_08020321045 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 9 July 2028.

Download (1MB)

Abstract

Kesadaran akan isu lingkungan telah mendorong perubahan perilaku konsumen dalam memilih produk yang lebih ramah lingkungan. Salah satu faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen adalah eco label, environmental awareness, dan religiusitas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh eco label, environmental awareness, dan religiusitas
terhadap green purchase behaviour pada produk sampo hijab yang memiliki label ramah lingkungan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada konsumen yang pernah membeli sampo
hijab berlabel ramah lingkungan. Data yang terkumpul kemudian dianalisis untuk mengetahui pengaruh masing-masing variabel independen terhadap green purchase behaviour. Hasil penelitian menunjukkan bahwa eco label, environmental awareness,
dan religiusitas memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap green purchase behaviour. Temuan ini mengindikasikan bahwa semakin tinggi kesadaran konsumen terhadap lingkungan dan semakin besar keyakinan religius mereka, maka kecenderungan untuk membeli produk ramah lingkungan juga meningkat. Selain itu, keberadaan eco label pada produk sampo hijab berperan dalam meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk yang mereka beli. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa produsen produk sampo hijab perlu memperkuat strategi pemasaran yang menonjolkan eco label serta meningkatkan edukasi mengenai manfaat produk ramah lingkungan. Selain itu, pendekatan berbasis nilai religius juga dapat digunakan untuk meningkatkan minat konsumen dalam memilih produk yang lebih berkelanjutan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anastasya, Dea Putridea96467@gmail.com08020321045
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSaifuddin, Muchammadsaifuddin@uinsby.ac.id0713038601
Subjects: Lingkungan Hidup
Manajemen
Pemasaran
Keywords: Eco label; religiosity; environmental awareness; green purchase behaviour; sampo hijab
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen
Depositing User: Dea Putri Anastasya Anastasya
Date Deposited: 09 Jul 2025 06:41
Last Modified: 09 Jul 2025 06:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/82446

Actions (login required)

View Item View Item