This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Anandari, Aisyah (2025) Pengaruh channel youtube “Lancar Barokah” terhadap peningkatan kecerdasan emosional masyarakat Desa Ngaresrejo Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Aisyah Anandari_04020121023.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
Aisyah Anandari_04020121023_Full.pdf Restricted to Repository staff only until 9 July 2028. Download (3MB) |
Abstract
YouTube merupakan salah satu media sosial yang dapat dimanfaatkan sebagai media dakwah, seperti yang dilakukan akun channel “Lancar Barokah”. Fenomena ini menarik untuk diteliti mengenai bagaimana dan seberapa besar pengaruh channel YouTube ”Lancar barokah” terhadap peningkatan kecerdasan emosional masyarakat desa Ngaresrejo kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo. Untuk mengetahui hal itu, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian analisis regresi linier sederhana yang diolah menggunakan aplikasi SPSS. Sedangkan teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori uses and effect. Hasil penelitian ini menyimpulkan channel YouTube “Lancar Barokah” secara keseluruhan memiliki pengaruh terhadap peningkatan kecerdasan emosional masyarakat desa Ngaresrejo kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo, yang mana ditemukan output ANOVA yakni nilai signifikansi (Sig.) sebesar 0,000 < 0,05 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Pada uji koefisien sebesar 0,449 yang berarti bahwa sebesar 44.9% peningkatan kecerdasan emosional masyarakat Desa Ngaresrejo Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo dipengaruhi oleh konten Youtube “Lancar Barokah”, sedangkan 55,1% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||||||||||
Subjects: | Bimbingan Konseling Dakwah Media Sosial |
||||||||||||||||||||
Keywords: | Youtube; media dakwah; teori uses and effect; kecerdasan emosional | ||||||||||||||||||||
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam | ||||||||||||||||||||
Depositing User: | Aisyah Anandari | ||||||||||||||||||||
Date Deposited: | 09 Jul 2025 06:26 | ||||||||||||||||||||
Last Modified: | 09 Jul 2025 06:26 | ||||||||||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/82486 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |