Pengaruh channel youtube “Lancar Barokah” terhadap peningkatan kecerdasan emosional masyarakat Desa Ngaresrejo Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anandari, Aisyah (2025) Pengaruh channel youtube “Lancar Barokah” terhadap peningkatan kecerdasan emosional masyarakat Desa Ngaresrejo Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aisyah Anandari_04020121023.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Aisyah Anandari_04020121023_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 9 July 2028.

Download (3MB)

Abstract

YouTube merupakan salah satu media sosial yang dapat dimanfaatkan sebagai media dakwah, seperti yang dilakukan akun channel “Lancar Barokah”. Fenomena ini menarik untuk diteliti mengenai bagaimana dan seberapa besar pengaruh channel YouTube ”Lancar barokah” terhadap peningkatan kecerdasan emosional masyarakat desa Ngaresrejo kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo. Untuk mengetahui hal itu, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian analisis regresi linier sederhana yang diolah menggunakan aplikasi SPSS. Sedangkan teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori uses and effect. Hasil penelitian ini menyimpulkan channel YouTube “Lancar Barokah” secara keseluruhan memiliki pengaruh terhadap peningkatan kecerdasan emosional masyarakat desa Ngaresrejo kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo, yang mana ditemukan output ANOVA yakni nilai signifikansi (Sig.) sebesar 0,000 < 0,05 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Pada uji koefisien sebesar 0,449 yang berarti bahwa sebesar 44.9% peningkatan kecerdasan emosional masyarakat Desa Ngaresrejo Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo dipengaruhi oleh konten Youtube “Lancar Barokah”, sedangkan 55,1% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anandari, Aisyahaisyahanandari.04@gmail.com04020121023
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBachtiar, Anisanis_bachtiar@yahoo.com/anis.bachtiar@2019126902
Thesis advisorChairiyah, Ummyummy.chairiyah@gmail.com2013109101
Thesis advisorHakim, Lukmanlhakim@uinsa.ac.id2021087302
Thesis advisorArif, Rozaqulrozaqul@uinsa.ac.id2012108201
Subjects: Bimbingan Konseling
Dakwah
Media Sosial
Keywords: Youtube; media dakwah; teori uses and effect; kecerdasan emosional
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Aisyah Anandari
Date Deposited: 09 Jul 2025 06:26
Last Modified: 09 Jul 2025 06:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/82486

Actions (login required)

View Item View Item