Studi komparasi kemampuan spasial peserta didik SMK antar jurusan dalam menyelesaikan masalah geometri ditinjau dari level berpikir geometris Van Hiele

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Handayani, Denok (2025) Studi komparasi kemampuan spasial peserta didik SMK antar jurusan dalam menyelesaikan masalah geometri ditinjau dari level berpikir geometris Van Hiele. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Denok Handayani_06010421008.pdf

Download (18MB)
[img] Text
Denok Handayani_06010421008_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 14 July 2028.

Download (18MB)

Abstract

Kemampuan spasial merupakan kemampuan untuk memvisualisasikan objek dalam ruang melalui representasi mental. Representasi mental yaitu proses kognitif yang memungkinkan individu untuk membayangkan dan memanipulasi informasi tanpa kehadiran fisik dari objek tersebut. Teori yang mengkaji perkembangan kemampuan spasial adalah teori level berpikir geometris Van Hiele. Penelitian terkait kemampuan spasial lebih banyak dilakukan di jenjang SMP dan SMA, sedangkan pada jenjang SMK masih terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan membandingkan kemampuan spasial peserta didik SMK jurusan Teknik Pemesinan (TPm) dan Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan (DPIB) berdasarkan level berpikir geometris Van Hiele. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian dipilih menggunakan teknik purposive sampling dari kelas XII SMK PGRI 1 Gresik, dengan pengambilan dua peserta didik dari setiap level Van Hiele (level 0-3) di masing-masing jurusan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes kemampuan spasial dan wawancara semiterstruktur, serta menggunakan triangulasi teknik untuk menjamin keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan spasial peserta didik bervariasi sesuai dengan level berpikir geometris yang dimiliki. Berdasarkan hasil penelitian, kemampuan spasial peserta didik SMK jurusan Teknik Pemesinan (TPm) dalam menyelesaikan masalah trigonometri menunjukkan keterbatasan pada hampir semua indikator, khususnya spatial relation yang belum dikuasai hingga level tertinggi. Sementara, peserta didik jurusan Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan (DPIB) menunjukkan kemampuan spasial yang konsisten, serta mampu memenuhi seluruh indikator pada level tertinggi. Secara keseluruhan, peserta didik Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan (DPIB) unggul pada semua level berpikir Van Hiele.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Handayani, Denokdenokhandayani07@gmail.com06010421008
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLailiyah, Sitilailiyah@uinsa.ac.id2028098401
Thesis advisorYanti, Aning Widaaning.widayanti@uinsa.ac.id0007128007
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Matematika Realistik
Problem Based Instruction
Keywords: kemampuan spasial; trigonometri; level berpikir geometris Van Hiele; peserta didik SMK
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Denok Handayani
Date Deposited: 14 Jul 2025 06:24
Last Modified: 14 Jul 2025 06:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/82541

Actions (login required)

View Item View Item