This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Ramadhani, Mohamad Fiki (2025) Efektivitas terapi husnudzan dengan teknik restrukturisasi kognitif untuk meningkatkan kedisiplinan diri anak binaan UPTD Kampung Anak Negeri Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Mohamad Fiki Ramadhani_04040321124.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
Mohamad Fiki Ramadhani_04040321124_Full.pdf Restricted to Repository staff only until 14 July 2028. Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk menguji efektivitas penerapan terapi Husnudzan yang dikombinasikan dengan teknik restrukturisasi kognitif dalam meningkatkan kedisiplinan diri anak binaan di UPTD Kampung Anak Negeri Surabaya. Sasaran perubahan perilaku dalam penelitian ini mencakup peningkatan kemampuan anak binaan dalam menaati peraturan, mengendalikan emosi dan tindakan, serta melaksanakan tanggung jawab dan aktivitas sehari-hari secara teratur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-experiment jenis one group pretest-posttest, dan instrumen penelitian yang digunakan adalah angket untuk mengukur tingkat kedisiplinan diri anak sebelum dan sesudah intervensi. Sampel penelitian dipilih menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah 9 anak binaan yang berada dalam kategori kedisiplinan rendah hingga sangat rendah. Berdasarkan Berdasarkan hasil uji Wilcoxon, diperoleh nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,005 yang lebih kecil dari 0,05. Nilai ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara skor pretest dan posttest pada variabel kedisiplinan diri anak binaan. Dengan demikian, hipotesis alternatif H1 diterima dan hipotesis nol H0 ditolak. Hasil ini membuktikan bahwa terapi Husnudzan dengan teknik restrukturisasi kognitif memiliki efektivitas yang signifikan dalam meningkatkan kedisiplinan diri anak binaan setelah diberikan perlakuan secara terstruktur. Temuan ini menguatkan bahwa dalam penelitian berjudul "Efektivitas Terapi Husnudzan dengan Teknik Restrukturisasi Kognitif untuk Meningkatkan Kedisiplinan Diri Anak Binaan UPTD Kampung Anak Negeri Surabaya", intervensi yang dilakukan secara sistematis terbukti efektif dalam mendorong perubahan perilaku disiplin pada subjek penelitian.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Anak Bimbingan Konseling Terapi |
||||||||||||
Keywords: | Terapi husnudzan; teknik restrukturisasi kognitif; kedisiplinan diri. | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Mohammad Fiki Ramadhani | ||||||||||||
Date Deposited: | 14 Jul 2025 07:44 | ||||||||||||
Last Modified: | 14 Jul 2025 07:44 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/82548 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |