This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Assalam, Abdul Aziz (2025) Urban farmig sebagai media dakwah lingkungan masyarakat perkotaan dalam upaya pemenuhan gizi keluarga di Kelurahan Kedung Baruk Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Abdul Aziz Assalam_04010521099.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Abdul Aziz Assalam_04010521099_Full.pdf Restricted to Repository staff only until 14 July 2028. Download (1MB) |
Abstract
Stunting akibat kurangnya gizi keluarga di tengah urbanisasi menjadi fokus penelitian ini dengan menggunakan media dakwah lingkungan berupa urban farming. Penelitian ini bertujuan mengkaji proses dakwah lingkungan dan respon masyarakat pada Kelompok Wanita Tani (KWT) Guyub Rukun, Surabaya. Dengan pendekatan Participatory Action Research (PAR) bersama KWT dan Tim Pendamping Keluarga (TPK) Kelurahan Kedung Baruk, Focus Group Discussion (FGD) dilakukan untuk merancang program solutif. Hasilnya, budidaya ikan dalam ember (budikdamber), edukasi gizi, penguatan kapasitas, dan advokasi kebijakan meningkatkan pemenuhan gizi keluarga serta kesadaran lingkungan fisik dan sosial. Dakwah lingkungan berbasis urban farming terbukti efektif sebagai solusi stunting sekaligus mendukung pelestarian lingkungan perkotaan.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Dakwah > Dakwah, Masyarakat Dakwah > Pengembangan Masyarakat |
||||||||
Keywords: | Dakwah lingkungan; media dakwah; pertanian perkotaan | ||||||||
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam | ||||||||
Depositing User: | Abdul Aziz Assalam | ||||||||
Date Deposited: | 14 Jul 2025 05:40 | ||||||||
Last Modified: | 14 Jul 2025 05:40 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/82565 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |