فعالية تطبيق الوسيلة الفيديو المتحركة “Plotagon Story” باستراتيجية DLTA (Direct Listening Thinking Activity)لترقية مهارة الاستماع لطلاب الصف العاشر بالمدرسة الثانوية الإسلامية الحكومية 1 لامونجان

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lestari, Mulya Widyanti (2025) فعالية تطبيق الوسيلة الفيديو المتحركة “Plotagon Story” باستراتيجية DLTA (Direct Listening Thinking Activity)لترقية مهارة الاستماع لطلاب الصف العاشر بالمدرسة الثانوية الإسلامية الحكومية 1 لامونجان. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mulya Widyanti Lestari_D02218014.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Mulya Widyanti Lestari_D02218014_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 14 July 2028.

Download (2MB)

Abstract

Menyimak merupakan dasar bagi penguasaan keterampilan bahasa lainnya. Namun kenyataannya, keterampilan menyimak sering kali kurang mendapatkan perhatian yang memadai dalam konteks pembelajaran bahasa Arab. Kondisi yang sama juga terjadi pada siswa kelas X di MAN 1 Lamongan. Hal ini tercermin dari media pembelajaran dan strategi belajar yang digunakan oleh guru, guru cenderung menggunakan media dan strategi pembelajaran tradisional. Akibat penggunaan media dan strategi pembelajaran yang kurang menarik ini berdampak pada rendahnya keterampilan menyimak siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui keterampilan menyimak siswa kelas X di MAN 1 Lamongan. 2) Mengetahui penerapan media video animasi "Plotagon Story" dengan strategi DLTA (Direct Listening Thinking Activity) dalam meningkatkan keterampilan menyimak siswa kelas X di MAN 1 Lamongan. 3) Mengetahui efektivitas penerapan media video animasi "Plotagon Story" dengan strategi DLTA (Direct Listening Thinking Activity) dalam meningkatkan keterampilan menyimak siswa kelas X di MAN 1 Lamongan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Metode pengumpulan datanya adalah wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Metode analisis data yang digunakan adalah uji wilcoxon. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya efektivitas penerapan media video animasi "Plotagon Story" dengan strategi DLTA (Direct Listening Thinking Activity) dalam meningkatkan keterampilan menyimak siswa kelas X di MAN 1 Lamongan. Adapun hasil penelitian ini adalah nilai signifikansi Asimp.sig. (2-tailed) sebesar 0,001. Hai ini berarti nilai signifikansi yang diperoleh <0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lestari, Mulya Widyantilestarimulyawidyanti@gmail.comD02218014
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorDimyathi, Muhammad Afifudinafifudindimyathi@uinsby.ac.id2007057901
Thesis advisorBaihaqi, M.baihaqi.sby@gmail.com2020027401
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Pendidikan > Media
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Keywords: Video animasi plotagon story; strategi DLTA; keterampilan menyimak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mulya Widyanti Lestari
Date Deposited: 14 Jul 2025 07:58
Last Modified: 14 Jul 2025 07:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/82566

Actions (login required)

View Item View Item