This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Qomariyah, Lailatul (2025) Analisis Kesulitan Belajar Bahasa Arab Pada Siswa Kelas VIII SMPIT Al Ikhlas Mantren Magetan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Lailatul Qomariyah_D72218032.pdf Restricted to Repository staff only until 21 January 2028. Download (1MB) |
![]() |
Text
Lailatul Qomariyah_D722180321.pdf Download (914kB) |
Abstract
Penguasaan bahasa Arab memiliki peranan penting sebagai bahasa internasional yang digunakan dalam konteks keilmuan, sosial, keagamaan, dan komunikasi global. Bahasa Arab juga menjadi sarana utama dalam memahami ajaran Islam melalui Al-Qur’an dan hadis. Oleh karena itu, keterampilan dalam berbahasa Arab, khususnya dalam aspek perbendaharaan kata (mufrodat), menjadi kompetensi yang penting dikuasai oleh peserta didik.Namun dalam kenyataannya, tidak sedikit siswa yang menghadapi berbagai hambatan dalam mempelajari Bahasa Arab, terutama dalam hal menghafal mufrodat. Keterbatasan daya ingat, kurangnya strategi pengajaran yang tepat, serta minimnya lingkungan bahasa yang mendukung menjadi faktor utama penyebab kesulitan tersebut.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis berbagai bentuk kesulitan yang dialami oleh siswa kelas VIII SMPIT Al Ikhlas Mantren Magetan dalam pembelajaran bahasa Arab, khususnya pada aspek penguasaan mufrodat. Penelitian ini dianggap penting karena dapat memberikan gambaran nyata mengenai kendalakendala yang dihadapi siswa serta menjadi masukan yang berharga bagi guru dalam merancang strategi pembelajaran yang lebih efektif.Rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah:
Bagaimana bentuk kesulitan belajar bahasa Arab yang dialami oleh siswa kelas VIII SMPIT Al Ikhlas Mantren Magetan, khususnya dalam hal penguasaan mufrodat?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil pengumpulan dan analisis data, ditemukan bahwa sebagian besar siswa mengalami kesulitan dalam menghafal kosa kata bahasa Arab. Kesulitan tersebut berkaitan dengan kemampuan memori siswa yang kurang optimal serta kurangnya keterlibatan aktif dalam proses pembelajaran.Sebagai solusi, penelitian ini merekomendasikan perlunya penggunaan metode pembelajaran yang lebih variatif dan menarik untuk meningkatkan efektivitas hafalan, seperti metode visual, audio-lingual, atau permainan edukatif.
Selain itu, penciptaan bi’ah lughawiyah (lingkungan bahasa) yang kondusif di sekolah dinilai mampu membantu siswa memperkuat hafalan dan meningkatkan motivasi belajar. Dengan demikian, hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata dalam pengembangan strategi pembelajaran bahasa Arab yang lebih tepat sasaran dan kontekstual, khususnya di lingkungan SMPIT Al Ikhlas Mantren Magetan.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Bahasa Arab | ||||||||
Keywords: | Kesulitan belajar, Bahasa Arab, Kosakata, Metode Pembelajaran | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||
Depositing User: | Qomariyah Qomariyah | ||||||||
Date Deposited: | 08 Jul 2025 02:20 | ||||||||
Last Modified: | 08 Jul 2025 02:20 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/82592 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |