Strategi PT Sinar Utama Madura dalam ekspansi bisnis Batik Aromaterapi Al Warits Indonesia ke asia tahun 2013-2024

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fillaili, Zahrona (2025) Strategi PT Sinar Utama Madura dalam ekspansi bisnis Batik Aromaterapi Al Warits Indonesia ke asia tahun 2013-2024. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zahrona Fillaili_10010221031 OK.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Zahrona Fillaili_10010221031 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 August 2028.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana strategi PT Sinar Utama Madura dalam ekspansi bisnis batik Aromaterapi Al Warits Indonesia ke Asia tahun 2013-2024. Batik Aromaterapi Al warits mengeluarkan Aroma yang dihasilkan berasal dari rempah-rempah khas Indonesia, seperti gaharu, cendana, cengkeh, serta bunga mawar, melati, dan cempaka. Seiring berjalannya waktu, varian aroma yang ditawarkan pun semakin beragam, termasuk aroma-aroma modern seperti stroberi, jeruk, sedap malam, dan aroma-aroma eksotis lainnya. Aroma. Keunikan dari Batik Aromaterapi Al-Warits adalah daya tahan aromanya yang dapat bertahan hingga empat tahun. Batik Aromaterapi Al Warits berhasil ekspansi di kawasan asia seperti Malaysia, Singapura, Korea Selatan, Thailand, Jepang, dan Hongkong. Keberhasilan ekspansi ini tak lepas dari daya tarik inovatif yang ditawarkan produk, yakni perpaduan teknik tulis batik tradisional dengan aromaterapi yang belum ditemukan di pasar global. Pendekatan yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif diskriptif. Pengumpulan data penelitian menggunakan dua cara yaitu wawancara untuk mendapatkan data primer, dan dokumentasi untuk mendapatkan data sekunder. Hasil dari penelitian ini menemukan 2 strategi ekspansi yaitu strategi push dan pull. Strategi push, yaitu mendorong produk ke pasar sasaran melalui distribusi langsung dan dukungan kelembagaan, termasuk melalui diplomasi perdagangan dan promosi ekspor, seperti mengikuti pameran internasional. Strategi pull yaitu strategi untuk menciptakan permintaan dari pasar luar negeri dengan membangun daya tarik produk melalui citra budaya dan pencitraan merek negara.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fillaili, Zahronazahronafillaili@gmail.com10010221031
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNurika, Rizki Rahmadinirr.nurika@uinsby.ac.id2025039001
Subjects: Hubungan Internasional
Keywords: Strategi Ekspansi; Batik Aromaterapi Al Warits; Asia.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Depositing User: zahrona fillaili
Date Deposited: 05 Aug 2025 06:48
Last Modified: 05 Aug 2025 06:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/82600

Actions (login required)

View Item View Item