إعداد مواد تعليم اللغة العربية لترقية مهارة القراءة في البرنامج اللغوي الإضافي البحث والتطوير في الفصل العاشر بمدرسة روضة البنات الثانوية الإسلامية تامان سیدوارجو

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muzdalifah, Muzdalifah (2020) إعداد مواد تعليم اللغة العربية لترقية مهارة القراءة في البرنامج اللغوي الإضافي البحث والتطوير في الفصل العاشر بمدرسة روضة البنات الثانوية الإسلامية تامان سیدوارجو. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muzdalifah_F52618263.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Muzdalifah_F52618263_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 17 July 2028.

Download (4MB)

Abstract

Sekolah Menengah Atas atau Madrasah Aliyah yang tidak berbasis pondok pesantren banyak melakukan inovasi dalam program pendidikan di setiap masing-masing lembaga, diantaranya adalah pengadaan ekstrakurikuler bahasa Arab sekali dalam seminggu yang dilaksanakan setelah jam pelajaran berakhir. Ekstrakurikler tersebut diadakan untuk mengatasi permasalahan dan kesulitan yang kerap kali melanda siswa siswi dalam belajar bahasa Arab. Hal tersebut juga digunakan untuk meningkatkan rasa kesukaan mereka terhadap pelajaran tersebut yang biasanya dianggap sulit, sehingga mereka mempelajarinya dengan malas dan enggan. Siswa siswi di sekolah yang tidak berbasis pondok pesantren berasal dari latar belakang keluarga yang sangat beragam dan tidak jarang siswa yang memiliki keterampilan membaca yang sangat kurang, bahkan untuk melafalkan bacaan yang tertulis saja ada yang masih kesulitan. Diantara penyebab permasalahan tersebut adalah tidak adanya buku pedoman yang ringan untuk dibaca dan dikaji isinya. Bapak ibu guru juga terkadang menggunakan buku yang berbeda tanpa adanya latihan latihan soal yang diharapkan dapat meningkatkan keterampilan mereka. Berdasarkan latar belakang masalah yang terjadi peneliti menyusun buku pendamping yanga dikembangkan dari buku ajar dan dikhususkan untuk meningkatkan keterampilan membaca yang diperuntukkan untuk siswa siswi kelas X. Keunggulan dari buku yang disusun yaitu pada setiap bab terdapat 2 teks bacaan yang kaya akan informasi terkini yang dilengkapi dengan kosa kata baru dan latihan-latihan yang sangat bervariasi. Di setiap akhir bab disuguhkan sebuah permainan bahasa yang ditujukan untuk meningkatkan fokus siswa siswi dalam mempelajari bahasa Arab, serta merubah kesan mereka terhadap pelajaran ini. Dengan desain ini, para siswa akan dapat membaca bahasa Arab dengan benar dan memahami isinya. Dengan tujuan ini, penulis melakukan penelitian dengan metode penelitian dan pengembangan (Reseacrh & Development) dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif untuk menghasilkan produk yang materi dan tes efektivitas produk. Penelitian ini menggunakan instrumen, tes dan wawancara. Setelah penulis mendesain bahan ajar, melakukan percobaan, analisis semua data, penulis mendapatkan ringkasan; Bahan ajar ini efektif untuk meningkatkan keterampilan berbicara bagi siswa, itu didasarkan pada pretest dan posttest hasil yang meningkat dari rata-rata 68,4 menjadi rata-rata 81,76 di posttest.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muzdalifah, Muzdalifahmuzdalifah@smpbilingualterpadu.sch.idF52618263
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorDimyathi, Afifuddinafifudindimyathi@uinsby.ac.id2007057901
Thesis advisorRasyd, Junaidiulul_masedi@yahoo.com2024126501
Subjects: Bahasa Arab
Keywords: Materi ajar; keterampilan membaca
Divisions: Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muzdalifah Muzdalifah
Date Deposited: 17 Jul 2025 03:33
Last Modified: 17 Jul 2025 03:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/82687

Actions (login required)

View Item View Item