Efektivitas penggunaan media sosial sebagai alat pembelajaran matematika untuk meningkatkan motivasi belajar siswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hikmah, Durrotul (2025) Efektivitas penggunaan media sosial sebagai alat pembelajaran matematika untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Durrotul Hikmah_06020421037.pdf

Download (8MB)
[img] Text
Durrotul Hikmah_06020421037_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 18 July 2028.

Download (8MB)

Abstract

Banyak siswa yang memiliki motivasi rendah dalam belajar matematika. Salah satu penyebabnya adalah penggunaan media pembelajaran yang standar atau buku teks cetak yang monoton sehingga tidak secara signifikan meningkatkan motivasi belajar siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas siswa dalam menggunakan media sosial sebagai alat pembelajaran matematika, mendeskripsikan motivasi selajar siswa setelah diberi pembelajaran menggunakan media sosial, dan mengetahui efektivitas penggunaan media sosial dalam meningkatkan motivasi siswa belajar matematika. Penelitian menggunakan pendekatan mix method dengan menggabungkan data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui teknik observasi, sementara data kuantitatif dikumpulkan menggunakan angket motivasi belajar siswa yang diberikan sebelum dan sesudah diberi perlakuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI-10 MAN 1 Gresik. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji t, dan uji N-Gain Score. Media pembelajaran yang digunakan berupa video buatan peneliti sendiri yang terintegrasi dengan nilai Islam. 1) Hasil observasi menunjukkan bahwa aktivitas siswa tergolong sangat baik, dengan persentase ketercapaian sebesar 78,5%. Siswa terlihat aktif dalam menonton dan mengikuti isi video pembelajaran, menunjukkan antusiasme dalam belajar, berdiskusi, serta memanfaatkan media sosial untuk tujuan pembelajaran. 2) Nilai angket motivasi belajar siswa setelah pembelajaran menggunakan media sosial memperoleh rata-rata sebesar 80. Hal ini menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa tergolong dalam kategori baik. 3) Adapun hasil angket menunjukkan peningkatan skor rata-rata 64,63 sebelum pembelajaran menjadi 80 setelah pembelajaran. Uji paired sample t-test menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,004<0,05, yang menunjukkan bahwa terdapat peningkatan motivasi belajar siswa setelah menggunakan media sosial sebagai alat pembelajaran matematika. hasil perhitungan uji N-Gain score menunjukkan nilai rata-rata N-Gain score sebesar 44, 0667 atau 44%. Berdasarkan kategori pada pengujian N-Gain berada pada rentang nilai N-Gain >0,4 yaitu 44,0667>0,7 sehingga dapat disimpulkan termasuk dalam kategori Sedang. Adanya peningkatan ini menunjukkan bahwa penggunaan media sosial sebagai alat pembelajaran efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dalam belajar matematika.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hikmah, Durrotuldurrotulhikmah76@gmail.com06020421037
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKusaeri, Kusaerikusaeri@uinsby.ac.id2006077202
Thesis advisorYanti, Aning Widaaning.widayanti@uinsby.ac.id0007128007
Subjects: Matematika
Media Sosial
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Media sosial; youtube; tiktok; motivasi belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Durrotul Hikmah
Date Deposited: 18 Jul 2025 01:17
Last Modified: 18 Jul 2025 01:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/82844

Actions (login required)

View Item View Item