This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Nurhidayah, Najmah Arifiani (2025) Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis terintegrasi konteks keislaman berbantuan platform quizizz ditinjau dari gaya belajar siswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Najmah Arifiani Nurhidayah_06040421084 OK.pdf Download (8MB) |
![]() |
Text
Najmah Arifiani Nurhidayah_06040421084 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 28 July 2028. Download (6MB) |
Abstract
Kemampuan untuk memecahkan masalah adalah kemampuan yang sangat penting bagi seluruh siswa. Pemecahan masalah serta matematika memiliki keterikatan satu sama lain. Selain itu nilai keislaman dan matematika juga sangat berhubungan satu sama lain, keduanya memiliki peran penting dalam prosesnya, dan berfungsi sebagai tolak ukur keberhasilan tujuan pendidikan. Selain itu, gaya belajar yang dimiliki oleh setiap siswa juga dapat mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam memecahkan masalah matematis terintegrasi konteks keislaman berbantuan platform Quizizz ditinjau dari gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif yang telah dilaksanakan di MTs Negeri 1 Mojokerto pada semester genap tahun ajaran 2024/2025. Subjek penelitian diambil 6 siswa, masing-masing 2 dari setiap gaya belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara berbasis tugas. Instrumen penelitian terdiri dari tugas pemecahan masalah dan pedoman wawancara. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik analisis data menggunakan teori dari Milles & Huberman. Simpulan dari data tersebut mengacu pada teori Krulik dan Rudnick dan disajikan dalam bentuk gambar/sreenshot dan teks dialog. Hasil penelitian yang diperoleh sebagai berikut : (1) Siswa bergaya belajar visual mampu membaca dan mengeksplorasi, kurang mampu memilih strategi dan menyelesaikan, serta cukup mampu meninjau kembali dan mendiskusikan dalam memecahkan masalah matematis terintegrasi konteks keislaman. (2) Siswa bergaya belajar auditori mampu membaca, cukup mampu mengeksplorasi, mampu memilih strategi, mampu menyelesaikan, serta cukup mampu meninjau kembali dan mendiskusikan dalam memecahkan masalah matematis terintegrasi konteks keislaman. (3) Siswa bergaya belajar kinestetik mampu membaca, mengeksplorasi, memilih strategi, dan menyelesaikan, namun kurang mampu meninjau kembali dan mendiskusikan dalam memecahkan masalah matematis terintegrasi konteks keislaman.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Matematika | ||||||||||||
Keywords: | Kemampuan pemecahan masalah; gaya belajar; konteks keislaman; quizizz | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||||||||
Depositing User: | Najmah Arifiani Nurhidayah | ||||||||||||
Date Deposited: | 27 Jul 2025 17:03 | ||||||||||||
Last Modified: | 27 Jul 2025 17:03 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/82886 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |