Peningkatan kemampuan bercerita melalui metode dengan gambar berseri pada anak usia 5-6 tahun di TK Al-Muttaqien Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Imadulbilad, Annisa (2025) Peningkatan kemampuan bercerita melalui metode dengan gambar berseri pada anak usia 5-6 tahun di TK Al-Muttaqien Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Annisa Imadulbilad_06020921024 OK.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Annisa Imadulbilad_06020921024 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 18 July 2028.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan bercerita anak usia 5-6 tahun dalam bercerita. Peserta didik sering kali kesulitan dalam bercerita karena minimnya kegiatan bercerita selama proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru kelas. Oleh karena itu, penelitian ini menerapkan motode bercerita dengan gambar berseri dapat membantu meningkatkan kemampuan bercerita anak usia 5-6 tahun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penererapan metode bercerita dengan gambar berseri dalam meningkatan kemampuan bercerita anak usia 5-6 tahun dan untuk mengetahui peingkatan kemampuan bercerita anak usia 5-6 tahun setelah diterapkan metode bercerita dengan gambar berseri. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Metode ini melibatkan berbagai kegiatan, mulai dari pelaksanaan pra-siklus, pelaksanaan siklus I, dan pelaksanaan siklus II, yang membantu guru menemukan masalah yang muncul di kelas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Metode bercerita dengan gambar berseri mampu peningkatkan kemampuan bercerita anak usia 5-6 tahun dengan perolehan hasil dari posttest di siklus I mengalami peningkatan, dimana jumlah peserta didik tuntas adalah sebanyak 7 peserta didik atau dengan persentase 39% dari 18 peserta didik, sisanya terdapat 11 peserta didik belum tuntas dengan persentase 61%. Kemudian, melaksanakan posttest di siklus II mengalami peningkatan pada jumlah peserta didik tuntas sebanyak 16 peserta didik dengan persentase 89% dari total 18 peserta didik, sisanya terdapat 2 peserta didik belum tuntas dengan persentase 11%. 2) Menggunakan metode bercerita dengan gambar berseri ini sangat membantu peserta didik dalam meningkatkan kepercayaan dirinya ketika bertanya mengenai materi yang tidak dipahaminya, maju ke depan untuk mulai bercerita dan berbagi cerita tentang pengalaman kepada temannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Imadulbilad, Annisaannisaimdhl1809@gmail.com06020921024
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusthofa, M. Bahribahri.musthofa007@gmail.com2022077302
Thesis advisorAziz, Yahyayahya_aziz15@yahoo.com2029087203
Subjects: Bimbingan Belajar
Bahasa Indonesia
Dongeng
Anak > Kepribadian
Keywords: Anak Usia 5-6 Tahun; Bercerita; Gambar Berseri; Kemampuan Bercerita
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Annisa Imadulbilad
Date Deposited: 18 Jul 2025 01:17
Last Modified: 18 Jul 2025 01:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/82888

Actions (login required)

View Item View Item