This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Wati, Karisma (2025) Dampak pelatihan digital marketing terhadap pengembangan usaha mikro kecil menengah menurut perspektif Islam: studi pada diva digital Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Karisma Wati_08040421150.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
Karisma Wati_08040421150_Full.pdf Restricted to Repository staff only until 21 July 2028. Download (3MB) |
Abstract
Perkembangan teknologi yang pesat mengharuskan pemasar memberikan informasi cepat dan tepat. Teknologi digital juga memudahkan kerja sama bisnis untuk membangun hubungan dengan pelanggan dan mengembangkan produk. Diva Digital Marketing, yang berdiri sejak 2018 dan berlokasi di Jl. Bawean, Buduran, Sidoarjo, menyediakan layanan pemasaran digital berbasis aplikasi yang bermanfaat bagi masyarakat di kota. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dampak pelatihan digital marketing terhadap pengembangan usaha mikro kecil menengah dan menganalisis serta mendeskripsikan bagaimana dampak pelatihan digital marketing terhadap pengembangan usaha mikro kecil menengah pada diva digital sidoarjo perspektif islam. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa 1). Pelatihan digital marketing memberikan dampak positif dalam meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan penerapan strategi pemasaran digital di kalangan pelaku UMKM. 2). Pelatihan digital marketing yang diadakan oleh Diva Digital Sidoarjo terbukti mampu meningkatkan kapasitas pelaku UMKM, terutama dalam penggunaan media sosial, pembuatan konten promosi, serta pengelolaan platform digital untuk pemasaran produk. Dari sudut pandang islam menurut Syakir Sula, pelatihan ini selaras dengan prinsip-prinsip syariah, eperti Teistis/Rabbaniyyah, Etis/Akhlaqiyyah, Realistis/Al-Waqi’iyyah, Humanistis/Al-Insaniyyah. enelitian ini memberikan rekomendasi kepada pihak perusahaan Diva Diva Digital untuk menyediakan program berkelanjutan. Selain itu, untuk pelaku UMKM diharapkan terus mnegembangkan inovasi dan ide baru
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Ekonomi Ekonomi Islam Media Sosial |
||||||||
Keywords: | Digital marketing; pengembangan UMKM; perspektif Islam | ||||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah | ||||||||
Depositing User: | Karisma Wati | ||||||||
Date Deposited: | 21 Jul 2025 03:28 | ||||||||
Last Modified: | 21 Jul 2025 03:28 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/82934 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |