This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Masrurotin, Dwi Suci (2025) Marketing politik petahana dalam pemilihan legislatif: studi kasus M. Syahrul Munir di Kabupaten Gresik tahun 2024. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Dwi Suci Masrurotin_10020121042.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
Dwi Suci Masrurotin_10020121042_Full.pdf Restricted to Repository staff only until 28 July 2028. Download (3MB) |
Abstract
Penelitian yang terfokus membahas strategi marketing politik yang diterapkan oleh M. Syahrul Munir saat mencalonkan diri kembali sebagai anggota DPRD Kabupaten Gresik, mengandung daya tarik untuk dilakukan penelitian, karena meskipun sudah ada yang meneliti tentang strategi marketing politik namun belum banyak yang juga membahas tentang tantangan yang terjadi ketika strategi marketing politik itu diimplementasikan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi marketing politik yang digunakan kandidat, tantangan yang harus dihadapi ketika melakukan strategi marketing politik, serta dampaknya terhadap hasil pemilihan. Penelitian ini menggunakan teori Marketing Politik dari Niffeneger yang terbagi menjadi 4 konsep yaitu Product, Promotion, Price, dan Place. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskritif dan pendekatan studi kasus, data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, serta analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Syahrul dari segi product berupaya memperkuat citranya sebagai figur yang sejalan dengan aspirasi masyarakat. Strategi promotion dilakukan melalui kampanye langsung, media sosial, dan penyebaran banner. Dari sisi price, mencakup 'harga' yang bersedia dibayar oleh pemilih demi mendapatkan manfaat yang diinginkan, serta biaya kampanye yang dikeluarkan oleh Syahrul. Sementara itu, place merujuk pada penempatan lokasi kampanye yang disesuaikan dengan karakteristik tiap wilayah. Implementasi strategi menghadapi beberapa kendala keterbatasan dana, dinamika politik lokal, serta potensi gesekan dengan wilayah basis politik lain. Meski demikian, strategi yang adaptif dan partisipatif mampu meningkatkan elektabilitas kandidat dan memperkuat posisi politiknya. Kata Kunci: Strategi marketing politik, pemilu, suara
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Kepala Daerah Politik Kepemimpinan |
||||||||
Keywords: | Strategi marketing politik; pemilu; suara | ||||||||
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik | ||||||||
Depositing User: | Dwi Suci Mas | ||||||||
Date Deposited: | 28 Jul 2025 08:24 | ||||||||
Last Modified: | 28 Jul 2025 08:24 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/82950 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |