Perbandingan penerapan model pembelajaran berbasis proyek dan berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kritis siswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

'Aaliima, Sayyidatul Rosyiida (2025) Perbandingan penerapan model pembelajaran berbasis proyek dan berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sayyidatul Rosyiida 'Aaliima_06030421065 OK.pdf

Download (11MB)
[img] Text
Sayyidatul Rosyiida 'Aaliima_06030421065 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 24 July 2028.

Download (7MB)

Abstract

Kemampuan berpikir kritis penting dalam menghadapi kompleksitas global, namun rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa di Indonesia berdasarkan hasil TIMSS 2019 mengindikasikan perlunya inovasi pembelajaran aktif, seperti pembelajaran berbasis proyek dan berbasis masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa melalui penerapan model pembelajaran berbasis proyek dan berbasis masalah, dan untuk mengetahui model pembelajaran yang paling berpengaruh antara model pembelajaran berbasis proyek dan berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif quasi-eksperimen desain two group pretest-posttest design without control group. Populasi adalah siswa kelas VII MTs Negeri 4 Sidoarjo, dengan sampel kelas VII H sejumlah 31 siswa sebagai kelompok pembelajaran berbasis proyek dan kelas VII D sejumlah 31 siswa sebagai kelompok pembelajaran berbasis masalah, dipilih melalui teknik random sampling. Instrumen tes tulis pretestposttest mengukur kemampuan berpikir kritis berdasarkan indikator Ennis. Data dianalisis dengan uji normalitas Shapiro-Wilk, uji homogenitas Levene’s, uji t independen untuk perbandingan posttest. Serta uji Cohen’s d diterapkan untuk menghitung besar effect size antar posttest kedua model pembelajaran. Selain itu menentukan nilai tertinggi dan terendah, nilai rata-rata atau mean, dan nilai tiap indikator kemampuan berpikir kritis siswa. Selanjutnya dilakukan pengkategorian pada data hasil pretest dan posttest untuk menentukan kategori dari masing-masing data kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Rata-rata pretest kemampuan berpikir kritis siswa pada model pembelajaran berbasis proyek dengan nilai 29,4 berkategori rendah sedangkan nilai rata rata posttest yaitu 52,9 dengan kategori sedang. 2) Pada model pembelajaran berbasis masalah, nilai rata-rata nilai pretest kemampuan berpikir kritis siswa yaitu 14,2 pada kategori sangat rendah, dan nilai rata rata posttes yaitu 37,4 pada kategori rendah. 3) Hasil uji-t independen menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua model pembelajaran tersebut, di mana model berbasis proyek menghasilkan kemampuan berpikir kritis yang lebih tinggi dibandingkan model berbasis masalah, dengan nilai signifikansi 0,001 < 0,05 dan efek besar berdasarkan perhitungan Cohen’s d sebesar 2,084. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa, kedua model sama-sama berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, namun model berbasis proyek terbukti lebih berpengaruh dan memberikan dampak peningkatan yang sangat besar pada kemampuan berpikir kritis siswa MTsN dalam materi penyajian data dan diagram dibandingkan model berbasis masalah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
'Aaliima, Sayyidatul Rosyiidasayyidarosyi@gmail.com06030421065
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArrifadah, Yuni--2005067301
Thesis advisorYanti, Aning Widaaning.widayanti@uinsby.ac.id0007128007
Subjects: Metode Pembelajaran
Matematika
Pendidikan
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Keywords: Pembelajaran Berbasis Proyek; Pembelajaran Berbasis Masalah; Berpikir Kritis; Penyajian Data dan Diagram.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Sayyidatul Rosyiida 'Aaliima
Date Deposited: 24 Jul 2025 01:10
Last Modified: 24 Jul 2025 01:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/83005

Actions (login required)

View Item View Item