Peningkatan hasil belajar matematika bangun ruang dengan metode pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) pasa siswa kelas V MI AL Muttahidun Medang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anggela, Henny (2024) Peningkatan hasil belajar matematika bangun ruang dengan metode pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) pasa siswa kelas V MI AL Muttahidun Medang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Henny Anggela_D97217051.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Henny Anggela_D97217051_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 July 2028.

Download (2MB)

Abstract

Rendahnya nilai hasil belajar siswa di MI Al Muttahidun Medang mata pelajaran Matematika materi bangun ruang, karena dari hasil observasi sebelum penelitian dan wawancara terhadap guru dan siswa kelas V serta hasil nilai harian. Penyebab masalah yang terjadi adalah dalam mengajar guru menggunakan metode pengajaran konvensional dan siswa yang kurang berperan aktif dalam proses pembelajaran yang mengakibatkan siswa tidak memperhatikan pembelajaran dengan baik. Dari jumlah siswa dalam kelas V hanya 2 dari 7 siswa yang memnuhi nilai KKM yang ditentukan sekolah yaitu 70. Oleh sebab itu, upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa dapat dilakukan melalui penerapan metode Inkuiri Terbimbing dalam pembelajaran di kelas. Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran pembelajaran inkuiri terbimbing (Guided inquiry) dalam peningkatan hasil belajar matematika bangun ruang pada siswa kelas V di MI Al Muttahidun Medang. 2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Matematika Bangun Ruang melalui metode pembelajaran inkuiri terbimbing (Guided inquiry) pada siswa kelas V MI Al Muttahidun Medang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan model Kurt Lewin yang terdiri dari dua siklus dengan empat tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilakukan pada siswa kelas V MI Al Muttahidun Medang dengan jumlah 7 siswa terdiri dari 4 laki-laki 3 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data model Kurt Lewin dianggap memiliki tingkat penelitian yang tidak sulit untuk guru menerapkan disekolah dan mudah dalam mengaplikasikan dalam proses pembelajaran. Tingkat kegagalannya pun sedikit, sehingga penelitian akan berjalan dengan baik dan mendapatkan hasil yang maksimal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan metoode Inkuiri Terbimbing dalam meningkatkan hasil belajar Matemattika Bangun ruang sudah diterapkan dengan baik. Dilihat dari perolehan nilai aktivitas guru pada siklus I 65% (kurang) meningkat menjadi 82% (baik) pada siklus II. Sedangkan pada aktivitas siswa juga mengalami peningkatan, pada siklus I 45% (sangat kurang) meningkat menjadi 83,33% (baik) pada siklus II. 2) hasil belajar Matematika Bangun ruang melalui metode Inkuiri Terbimbing mengalami peningkatan. Pra siklus 28,57% (sangat kurang), siklus I meningkat menjadi 57,44%, siklus II 85,71% (baik).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anggela, Hennyhennyanggela13@gmail.comD97217051
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAlfin, Jauharotialfin_ftkuinsa@yahoo.com2006067301
Thesis advisorJuhaeni, Juhaenithinasafar@gmail.com2030078604
Subjects: Minat Siswa
Keywords: Peningkatan hasil belajar; matematika; metode inkuiri terbimbing; bangun kubus
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Henny Anggela
Date Deposited: 22 Jul 2025 02:35
Last Modified: 22 Jul 2025 02:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/83068

Actions (login required)

View Item View Item