This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Maharani, Adeline Mustika (2025) Analisis keberlangsungan usaha pedagang merchandise Arema berdasarkan teori entitas: studi kasus pada pedagang merchandise Arema di Kota Malang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Adeline Mustika Maharani_08020221040 full.pdf Restricted to Repository staff only until 23 July 2028. Download (1MB) |
![]() |
Text
Adeline Mustika Maharani_08020221040.pdf Download (1MB) |
Abstract
Keberlangsungan usaha pedagang merchandise Arema di Kota Malang menjadi isu yang perlu dianalisis secara mendalam, terutama dalam konteks dinamika bisnis mikro yang berkaitan erat dengan identitas komunitas suporter. Penelitian ini menggunakan teori entitas sebagai landasan untuk memahami bagaimana para pedagang memisahkan kepentingan pribadi dengan kepentingan usahanya, serta bagaimana pemahaman terhadap entitas usaha memengaruhi pengelolaan, pencatatan keuangan, dan strategi keberlanjutan jangka panjang. Penelitian ini bertujuan untuk memahami keberlangsungan usaha bagi pedagang merchandise Arema berdasarkan teori entitas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Adapun subjek penelitian sebanyak 4 informan, yang terdiri atas owner merchandise Arema. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis dengan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Adapun teknik pengabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan keberlangsungan usaha pedagang merchandise Arema dari beberapa informan sesuai dengan teori entitas. Adapun pemisahan entitas dari pemiliknya telah dilakukan Hal ini diimplementasikan dengan pengelolaan toko yang diserahkan kepada karyawan yang mencerminkan penerapan entitas yang terpisah dari pemiliknya. Selanjutnya, pedagang merchandise Arema juga telah melakukan pengembangan usaha berorientasi pada keberlanjutan dan perkembangan usaha yang diimplementasikan dengan motivasi dan inovasi yang berjangka panjang, adanya strategi bisnis dengan evaluasi dan parameter kepuasan pelanggan berdampak dalam keberlangsungan usaha, serta peran komunitas dan adaptasi pedagang dalam menghadapi tragedi dan tantangan. Begitupun dengan pencatatan laporan keuangan pada pedagang merchandise Arema sudah dilakukan secara baik. Meskipun pencatatannya masih sederhana namun dalam prakteknya pengelolaan keuangan sudah dilakukan dan dapat dipahami untuk kegunaannya dalam mengambil keputusan selanjutnya. Penelitian ini memberikan rekomendasi kepada pedagang merchandise Arema untuk melakukan pencatatan keuangan yang lebih baik dan detail sehingga pedagang dapat memastikan pertumbuhan dan kesehatan keuangan dengan mudah. Selain itu pedagang merchandise Arema dapat melakukan kolaborasi dengan komunitas dan kelompok supporter dalam membantu branding dan mempromosikan produk yang nantinya akan menciptakan citra dan loyalitas pelanggan yang kuat. Penelitian selanjutnya disarankan dapat melakukan penelitian yang lebih detail mengenai keberlangsungan usaha pedagang merchandise Arema berdasarkan teori entitas sehingga dapat dijadikan perbandingan dengan penelitian sebelumnya.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Akuntansi Wirausaha |
||||||||
Keywords: | Keberlangsungan usaha; teori entitas; UMKM | ||||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi | ||||||||
Depositing User: | Adeline Mustika Maharani | ||||||||
Date Deposited: | 23 Jul 2025 07:09 | ||||||||
Last Modified: | 23 Jul 2025 07:09 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/83096 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |