Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan dan loyalitas pasien di RSUD Dr. Soegiri Lamongan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Romdloni, Ro'iqotul Fathiyyah (2025) Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan dan loyalitas pasien di RSUD Dr. Soegiri Lamongan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ro'iqotul Fathiyyah Romdloni_09040221061 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 24 July 2028.

Download (4MB)
[img] Text
Ro'iqotul Fathiyyah Romdloni_09040221061.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kualitas pelayanan kesehatan menjadi faktor krusial dalam meningkatkan kepuasan dan loyalitas pasien, termasuk di rumah sakit daerah seperti RSUD Dr. Soegiri Lamongan. Rumah sakit dituntut untuk memberikan pelayanan yang tidak hanya cepat dan tepat, tetapi juga profesional, serta berbasis kebutuhan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengidentifikasi pengaruh faktor-faktor kualitas pelayanan terhadap kepuasan dan loyalitas pasien di RSUD Dr. Soegiri Lamongan. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada pasien rawat jalan dan rawat inap, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan pendekatan 5:1 yang menghasilkan jumlah sampel 150. Kualitas pelayanan diukur berdasarkan empat dimensi utama, yaitu sikap berkomunikasi, lingkungan, layanan medis, dan ketepatan pelayanan. Hubungan antar variabel dianalisis menggunakan pendekatan Partial Least Squares Structural Equation Modeling (SEM-PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap berkomunikasi (β = 0,285, p < 0,05), lingkungan (β = 0,319, p < 0,05), layanan medis (β = 0,165, p < 0,05), dan ketepatan pelayanan (β = 0,251, p < 0,05) berpengaruh langsung terhadap kepuasan. Pada loyalitas, hanya ketepatan pelayanan (β = 0,247, p < 0,01) dan kepuasan (β = 0,379, p < 0,001) pasien yang berpengaruh langsung terhadap loyalitas. Sementara itu, sikap berkomunikasi (β = 0,159, p > 0,05), lingkungan (β = 0,123, p > 0,05), dan layanan medis (β = 0,075, p > 0,05) berpengaruh tidak langsung terhadap loyalitas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Romdloni, Ro'iqotul Fathiyyahroiqotulfathiyyah@gmail.com09040221061
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFarida, Yuniaryuniar_farida@uinsby.ac.id2027057901
Thesis advisorHakim, Lutfilutfihakimbungah@gmail.com2010069201
Subjects: Matematika
Konsumen
Keywords: Kualitas pelayanan; kepuasan pasien; loyalitas pasien; PLS-SEM
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Matematika
Depositing User: Ro'iqotul Fathiyyah Romdloni
Date Deposited: 24 Jul 2025 11:52
Last Modified: 24 Jul 2025 11:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/83121

Actions (login required)

View Item View Item