Pengembangan perangkat pembelajaran model project based learning berbasis etnomatematika seni zukhrufah berbantuan photopea

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sainakob, Sayyidah Aisyah (2025) Pengembangan perangkat pembelajaran model project based learning berbasis etnomatematika seni zukhrufah berbantuan photopea. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sayyidah Aisyah Sainakob_D94219065.pdf

Download (28MB)
[img] Text
Sayyidah Aisyah Sainakob_D94219065_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 29 July 2028.

Download (28MB)

Abstract

Model pembelajaran yang diutamakan untuk digunakan pada kurikulum merdeka adalah model pembelajaran yang berpusat pada siswa, salah satunya adalah model Project Based Learning. Pembelajaran yang berbasis kebudayaan sekitar dapat lebih mudah dimengerti oleh siswa, sehingga dipilih pembelajaran berbasis etnomatematika seni Zukhrufah sebagai kesenian khas Islam yang sering dijumpai pada bangunan maupun objek-objek khas Islam lainnya. Penggunaan media digital selaras dengan kemajuan teknologi saat ini, sehingga Photopea dianggap sebagai alat bantu yang paling sesuai untuk digunakan dalam proses pengerjaan tugas proyek siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan penerapan konsep transformasi geometri dalam karya seni Zukhrufah sekaligus mengembangkan perangkat pembelajaran matematika menggunakan model Project Based Learning (PjBL) berbasis etnomatematika seni Zukhrufah berbantuan website Photopea yang valid, praktis, dan efektif. Perangkat yang dikembangkan berupa modul ajar dan lembar tugas proyek (LTP). merdeka adalah model pembelajaran yang berpusat pada siswa, salah satunya adalah model Project Based Learning. Pembelajaran yang berbasis kebudayaan sekitar dapat lebih mudah dimengerti oleh siswa, sehingga dipilih pembelajaran berbasis etnomatematika seni Zukhrufah sebagai kesenian khas Islam yang sering dijumpai pada bangunan maupun objek-objek khas Islam lainnya. Penggunaan media digital selaras dengan kemajuan teknologi saat ini, sehingga Photopea dianggap sebagai alat bantu yang paling sesuai untuk digunakan dalam proses pengerjaan tugas proyek siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan penerapan konsep transformasi geometri dalam karya seni Zukhrufah sekaligus mengembangkan perangkat pembelajaran matematika menggunakan model Project Based Learning (PjBL) berbasis etnomatematika seni Zukhrufah berbantuan website Photopea yang valid, praktis, dan efektif. Perangkat yang dikembangkan berupa modul ajar dan lembar tugas proyek (LTP). Model pengembangan yang digunakan mengacu pada model Plomp yang terdiri dari lima tahap, yaitu tahap investigasi awal, tahap desain, tahap realisasi/konstruksi, tahap tes, evaluasi, dan revisi, serta tahap implementasi. Namun, dalam penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap keempat, tanpa implementasi secara luas. Penelitian ini dilakukan di SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo dengan subjek yang dipilih adalah kelas XI C1 sebanyak 36 siswa. Adapun teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data yakni studi dokumentasi, uji validitas, uji kepraktisan, angket, observasi dan penilaian hasil belajar. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kuantitatif dengan perhitungan rata-rata dan persentase. Hasil analisis menunjukkan bahwa, 1) ditemukan penerapan komposisi rotasi dan refleksi sebanyak 26%, refleksi sebanyak 5%, komposisi translasi dan refleksi sebanyak 16%, dan komposisi rotasi dan translasi sebanyak 53% pada karya Zukhrufah dalam kitab Al-Rosmu Al-Zukhrufa wa Al-Mandzuru fi Al-Khatti Al-‘Arabiy karya Mahmud Kamil Ahmad. 2) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan valid dengan nilai kevalidan modul ajar adalah 4,95, dan nilai kevalidan LTP adalah 4,88. 3) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan praktis dengan nilai kepraktisan secara teori untuk modul ajar adalah 4,61, dan untuk LTP adalah 5, sehingga keduanya memperoleh kategori A dan dinyatakan “dapat digunakan tanpa revisi”. Keduanya juga dinyatakan “praktis” secara praktik dengan perolehan persentase respons siswa sebesar 84,69% dengan keterangan respons positif. 4) Efektivitas ditunjukkan dari aktivitas siswa yang mencapai 58,06% dengan kategori aktif, dan rata-rata hasil belajar siswa kelas XI C1 sebesar 88,425 dengan tingkat ketuntasan 100%. Berdasarkan temuan tersebut, perangkat pembelajaran ini termasuk kategori valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran matematika berbasis proyek yang mengintegrasikan nilai budaya dan teknologi digital.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sainakob, Sayyidah Aisyahsayyidah.saenakob@gmail.comD94219065
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKurniawan, Agus Prasetyosugaghost@gmail.com2021088301
Thesis advisorSadieda, Lisanul Uswahlisanuluswah@uinsby.ac.id2026098302
Subjects: Pendidikan > Media
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Matematika Realistik
Keywords: PjBL; transformasi geometri; zukhrufah; photopea
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Sayyidah Aisyah Sainakob
Date Deposited: 29 Jul 2025 04:56
Last Modified: 29 Jul 2025 04:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/83125

Actions (login required)

View Item View Item