This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Azzuma, Rizka Fithri (2025) Pengaruh pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) terhadap kemampuan penalaran matematis siswa berbantuan media blooket. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Rizka Fithri Azzuma_06040421087.pdf Download (11MB) |
![]() |
Text
Rizka Fithri Azzuma_06040421087_Full.pdf Restricted to Repository staff only until 24 July 2028. Download (11MB) |
Abstract
Kemampuan penalaran matematis merupakan aspek fundamental dalam pembelajaran matematika yang tidak hanya mendukung pemahaman konsep, tetapi juga melatih siswa untuk berpikir logis, kritis, dan sistematis. Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah rendahnya kemampuan penalaran matematis siswa serta kurangnya keterlibatan aktif dalam pembelajaran matematika. Dalam pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT), pembelajaran isesuaikan dengan latar belakang budaya siswa untuk meningkatkan keterlibatan dan pemahaman konsep secara kontekstual. Media Blooket dipilih sebagai alat bantu karena kemampuannya dalam menciptakan suasana belajar yang interaktif, menyenangkan, dan kompetitif. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui sebelum, sesudah dan pengaruh pendekatan pembelajaran CRT terhadap kemampuan penalaran matematis siswa dengan bantuan media Blooket. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan metode kuantitatif. Desain eksperimen semu Pretest-Posttest Control Group Design. Teknik pengambilan sampel dengan cara Random Sampling. Adapun kelas yang digunakan yaitu terdiri dari dua kelas VIII di SMPN 1 Waru Sidoarjo, yaitu kelas VIII-A sebagai kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional dan kelas VIII-E sebagai kelas eksperimen yang menerapkan pendekatan CRT dengan bantuan media Blooket dengan jumlah 31 peserta didik masing-masing kelas. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan penalaran matematis sebelum dan sesudah perlakuan. Teknik analisis dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial yang menggunakan uji Mann Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan penalaran matematis siswa pada kelas eksperimen sebelum pembelajaran berada pada kategori rendah. Namun, setelah diterapkannya pembelajaran dengan pendekatan Culturally Responsive Teaching CRT) berbantuan media Blooket, kemampuan penalaran matematis siswa pada kelas eksperimen meningkat secara signifikan hingga berada pada kategori tinggi. Peningkatan ini ditunjukkan oleh adanya perbedaan signifikan antara iswa di kelas eksperimen dan kelas kontrol, yang terlihat dari hasil analisis kuantitatif skor pretest dan posttest secara keseluruhan, dengan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,001 < 0,05, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Selain itu, kemajuan juga tercermin dalam pencapaian setiap indikator penalaran matematis yang diukur berdasarkan kerangka Sumarmo. Dengan demikian, penerapan pendekatan CRT berbantuan media Blooket dapat menjadi strategi alternatif yang efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran matematika, khususnya dalam mengembangkan kemampuan penalaran matematis siswa.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Matematika | ||||||||||||
Keywords: | Pendekatan pembelajaran CRT; media blooket; kemampuan penalaran matematis | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||||||||
Depositing User: | Rizka Fithri Azzuma | ||||||||||||
Date Deposited: | 24 Jul 2025 05:21 | ||||||||||||
Last Modified: | 24 Jul 2025 05:21 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/83150 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |