Pemanfaatan canva sebagai media kreatif dalam pembelajaran pendidikan agama Islam: studi pustaka

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jaelani, Abdul Qodir (2028) Pemanfaatan canva sebagai media kreatif dalam pembelajaran pendidikan agama Islam: studi pustaka. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Abdul Qodir Jaelani_D01219001.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Abdul Qodir Jaelani_D01219001_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 6 August 2028.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Canva aplikasi desain grafis menyajikan banyak fitur gratis untuk digunakan dalam mendesain media pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang menarik dan menyesuaikan kebutuhan pembelajaran yang efektif, tersedia beragam template diantaranya berupa presentasi, poster, pamflet, infografis, dan video. Penelitian ini termasuk dalam kategori Studi Pustaka, bertujuan untuk mengkaji Pemanfaatan Canva Sebagai Media Kreatif dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam: Studi Pustaka. Menggunakan pendekatan Systematic Literature Review (SLR) berbasis teknik bibliometrik dengan bantuan VOSviewer, penelitian ini menganalisis 20 artikel ilmiah terbitan 2022–2025 dengan diagram Prisma 2020. Hasil Systematic Literature Review menunjukkan bahwa Media pembelajaran PAI yang dirancang menggunakan Canva memiliki karakteristik lebih menarik dan interaktif, konsep yang lebih fleksibel, pilihan elemen desain seperti kombinasi warna, font, dan motion lebih bervariasi. Materi yang bersifat abstrak menjadi lebih mudah disampaikan melalui beragam pilihan media seperti powerpoint, infografis, video, maupun poster. Sedangkan pemanfaatan Canva sebagai media kreatif dalam pembelajaran PAI menunjukkan dampak yang positif, yaitu mendorong kreativitas guru dan siswa, menghadirkan desain media yang menarik melalui beragam fitur yang gratis maupun berbayar, serta kompatibel di berbagai perangkat, meningkatkan motivasi belajar siswa serta mempercepat dan mempermudah proses pembuatan media pembelajaran yang interaktif. Canva juga berperan signifikan dalam memperkuat motivasi belajar, keterlibatan siswa, internalisasi nilai keagamaan, dan efektivitas pembelajaran PAI.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jaelani, Abdul QodirKataloghantaran.id@gmail.comD01219001
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHunaida, Wiwin Luqnawiwinluqna@uinsby.ac.id2002077402
Thesis advisorRidwan, Auliyaaridwan@uinsby.ac.id2011058502
Subjects: Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Pemanfaatan canva; Pendidikan Agama Islam; media; pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Abdul Qodir qodir
Date Deposited: 06 Aug 2025 05:49
Last Modified: 06 Aug 2025 05:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/83160

Actions (login required)

View Item View Item