Pengaruh karakteristik perusahaan, intellectual capital, dan corporate social responsibility disclosure terhadap nilai perusahaan: studi empiris pada perusahaan sektor consumer goods yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2021-2023

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muthohharoh, Vika (2025) Pengaruh karakteristik perusahaan, intellectual capital, dan corporate social responsibility disclosure terhadap nilai perusahaan: studi empiris pada perusahaan sektor consumer goods yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2021-2023. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Vika Muthohharoh_08010221037.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Vika Muthohharoh_08010221037_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 August 2028.

Download (2MB)

Abstract

Nilai perusahaan merupakan salah satu indikator utama yang mencerminkan kesehatan finansial dan prospek masa depan suatu perusahaan. Topik ini layak dan penting untuk dibahas karena menggambarkan strategi perusahaan yang menjadi acuan bagi investor dalam mengambil keputusan bisnis dan investasi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh karakteristik perusahaan yang meliputi current ratio, return on asset, debt to equity ratio, ukuran perusahaan, intellectual capital, dan corporate social responsibility disclosure terhadap nilai perusahaan pada perusahaan sektor consumer goods yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2021-2023. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan memakai data sekunder berupa annual report perusahaan consumer goods yang disajikan dalam website Bursa Efek Indonesia dan website perusahaan. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan non probabilitas berupa purposive sampling dengan jumlah sampel keseluruhan sebanyak 474 sampel dari 158 perusahaan tiap tahunnya. Dalam pengujian hipotesis penelitian ini menggunakan analisis regresi data panel yang diolah dengan menggunakan software Eviews versi 12. Hasil penelitian ini menunjukkan jika variabel current ratio, return on asset, dan corporate social responsibility disclosure tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Sedangkan, variabel debt to equity ratio, ukuran perusahaan, dan intellectual capital berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. Penelitian ini memberikan rekomendasi kepada pihak manajemen agar lebih fokus dalam mengelola faktor-faktor internal yang terbukti dapat berpengaruh terhadap nilai perusahaan, seperti struktur permodalan, efisiensi aset, dan pengembangan modal intelektual. Manajemen diharapkan dapat mengoptimalkan penggunaan hutang secara produktif, meningkatkan kapasitas operasional, serta memperkuat aset tidak berwujud yang dapat menciptakan nilai jangka panjang. Selain itu, perusahaan diharapkan lebih transparan dan konsisten dalam mengungkapkan informasi keuangan dan non-keuangan yang termasuk didalamnya terkait kinerja tanggung jawab sosial perusahaan dan modal intelektual. Hal ini bertujuan agar persepsi pasar terhadap perusahaan tetap positif dan emndorong peningkatan nilai perusahaan secara berkelanjutan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muthohharoh, Vikavikamuthohharoh02@gmail.com08010221037
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNawangsari, Ajeng Titaajeng.tita@uinsa.ac.id--
Subjects: Akuntansi
Keywords: Nilai perusahaan; karakteristik perusahaan; intellectual capital; corporate social responsibility disclosure
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Vika Muthohharoh
Date Deposited: 01 Aug 2025 07:06
Last Modified: 01 Aug 2025 07:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/83231

Actions (login required)

View Item View Item