Profil literasi numerasi peserta didik dalam pembelajaran berbasis masalah ditinjau dari gaya belajar

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rusdiana, Siti Farida (2024) Profil literasi numerasi peserta didik dalam pembelajaran berbasis masalah ditinjau dari gaya belajar. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Farida Rusdiana_D74217070.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Siti Farida Rusdiana_D74217070_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 July 2028.

Download (4MB)

Abstract

Literasi numerasi adalah kecakapan yang dimiliki peserta didik untuk memecahkan masalah di kehidupan nyata baik dalam bentuk grafik, tabel, bagan dan sebagainya dengan menggunakan konsep bilangan dan operasi hitung. Seorang guru memainkan peran yang sangat penting dalam pendidikan peserta didik. Memahami gaya belajar masing-masing peserta didik dapat membantu guru dalam merancang strategi pembelajaran yang lebih efektif. Selain itu, dengan menggunakan model pembelajaran yang inovatif, guru dapat mendorong peserta didik untuk terlibat secara aktif dalam pembelajaran mereka. Hal ini akan membantu mencapai tujuan pembelajaran dengan lebih baik. Salah satu model pembelajaran yang melibatkan peserta didik dalam memecahkan suatu masalah adalah model pembelajaran berbasis masalah atau biasa disebut model problem based learning (PBL). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil literasi numerasi peserta didik dalam pembelajaran berbasis masalah sesuai gaya belajar peserta didik. Gaya belajar dalam penelitian ini adalah gaya belajar VAK (visual, auditorial, dan kinestetik). Alasan peneliti menggunakan gaya belajar VAK karena gaya belajar ini lebih umum. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Hasyim Asy’ari Megarih pada semester genap tahun ajaran 2023/2024. Kemudian untuk subjek diambil dari kelas VIII-B dengan teknik purposive sampling dengan membedakan gaya belajar VAK sesuai dengan hasil angket kuesioner yang telah diberikan peneliti kepada subjek. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 2 peserta didik gaya belajar visual, 2 peserta didik gaya belajar auditorial, dan 2 peserta didik gaya belajar kinestetik. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik wawancara berbasis tugas. Maksudnya adalah setelah diberikan tes tulis literasi numerasi peserta didik langsung diwawancarai terkait proses mengerjakan tes tulis literasi numerasi. Teknik analisis data menggunakan teknik kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan peserta didik dengan gaya belajar visual mampu dalam menggunakan simbol dalam materi analisis data dan peluang; mampu dalam menganalisis informasi dari grafik, tabel, atau diagram; dan mampu dalam hal keterampilan konsep dalam mengambil keputusan materi analisis data dan peluang. Peserta didik dengan gaya belajar auditorial mampu dalam menggunakan simbol dalam materi analisis data dan peluang; mampu dalam menganalisis informasi dari grafik, tabel, atau diagram; dan mampu dalam hal keterampilan konsep dalam mengambil keputusan materi analisis data dan peluang. Selanjutnya peserta didik dengan gaya belajar kinestetik tidak mampu dalam menggunakan simbol dalam materi analisis data dan peluang; tidak mampu dalam menganalisis informasi dari grafik, tabel, atau diagram; dan cukup mampu dalam hal keterampilan konsep dalam mengambil keputusan materi analisis data dan peluang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rusdiana, Siti Faridas.farida.rusdiana18@gmail.comD74217070
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSadieda, Lisanul Uswahlisanuluswah@uinsby.ac.id2026098302
Thesis advisorYudi, Usmanasyifa3.AF@gmail.com2024016501
Subjects: Matematika
Keywords: iterasi numerasi; gaya belajar; pembelajaran berbasis masalah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Siti Farida Rusdiana
Date Deposited: 28 Jul 2025 05:40
Last Modified: 28 Jul 2025 05:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/83257

Actions (login required)

View Item View Item