Penerapan teori pembelajaran perspektif Mark K. Smith dalam pembinaan kurikulum di Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Syarifuddin (STITS) Wonorejo Lumajang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fatiqoh, Fatin (2010) Penerapan teori pembelajaran perspektif Mark K. Smith dalam pembinaan kurikulum di Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Syarifuddin (STITS) Wonorejo Lumajang. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
bab. i.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab. ii.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab. iii.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab. iv.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab. v.pdf

Download (79kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran merupakan unsur yang sangat fundamental dalam penyelenggaraan jenis dan jenjang pendidikan. Keberhasilan pencapaian tujuan pendidikan sangat tergantung pada keberhasilan pembelajaran. Keterkaitan dengan hal ini, kurikulum sekolah sangat perlu dibina karena ia memuat tujuan-tujuan pembelajaran dan acuan dalam melaksanakannya, terlebih kurikulum perguruan tinggi. Hal ini disebabkan perguruan tinggi seringkali menjadi jenjang pendidikan, terakhir dan penyempurnaan dalam kehidupan seseorang. Karena itulah teori pembelajaran yang digagas oleh Mark K. Smith menarik untuk dijadikan pisau analisis dalam meneropong pembinaan kurikulum perguruan tinggi. Karena menurutnya pembelajaran dapat dianggap sebagai produk, proses dan model. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan teori pembelajaran perspektif Mark K. Smith pembinaan kurikulum di STIT Syarifuddin Wonorejo Lumajang dan penerapan teori pembelajaran perspektif Mark K. Smith dalam pembinaan kurikulum di STIT Syarifuddin Wonorejo Lumajang. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sedangkan tehnik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa teori pembelajaran perspektif Mark K. Smith banyak diterapkan dalam pembinaan kurikulum di STIT Syarifuddin Wonorejo Lumajang. Hal ini dapat dilihat dari adanya evaluasi terhadap sistem pembelajarannya, pengangkatan dosen, distribusi mata kuliah, penyediaan sarana dan prasarana dan study comparative. Bertolak pada hasil penelitian tersebut, saran yang dapat dipertimbangkan adalah perguruan tinggi hendaknya menciptakan pembelajaran product oriented, process oriented dan model oriented secara terpadu, karena ketiganya saling terkait

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fatiqoh, FatinUNSPECIFIEDD01205092
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMasyhud, M.UNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Prophetic Intelligence
Keywords: Mark K. Smith; kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 14 Aug 2010
Last Modified: 01 Oct 2024 03:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/8328

Actions (login required)

View Item View Item