This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Adibah, Ummu Melliya (2025) Pola asuh orang tua dalam menginternalisasikan nilai-nilai karakter islami pada anak-anak di lingkungan Sapta Darma Desa Kedungrojo Kecamatan Plumpang Kabupaten Tuban. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Ummu Melliya Adibah_02040822071 OK.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
Ummu Melliya Adibah_02040822071 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 30 July 2028. Download (2MB) |
Abstract
Karakter merupakan unsur utama bagi manusia, karena itu harus dibentuk sejak dini. Pendidikan karakter yang dimulai sejak dini menjadi sangat penting, karena pada masa itulah anak berada pada masa golden age, masa dimana kepribadian anak akan mudah untuk dibentuk. Orang tua memiliki peran penting dalam proses tumbuh kembang karakter seorang anak. Akan tetapi, kenyataan menunjukkan bahwa anak-anak tidak selalu memperoleh pendidikan secara sempurna, baik dari lingkungan sekolah atau dari lingkungan rumah. Seperti halnya yang terjadi pada anak-anak yang ada di lingkungan aliran Sapta Darma desa Kedungrojo Kecamatan Plumpang Kabupaten Tuban, dimana mereka merupakan anak-anak dari orangtua yang beragama Islam namun berada di lingkungan masyarakat yang memiliki adat Islam yang kejawen, yakni Sapta Darma. Masalah utama dalam penelitian ini adalah bagaimana pola asuh orang tua dalam mendidik anak agar nilai-nilai karakter islami tetap terjaga ditengah fenomena masyarakat yang ada. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi yang ada di lingkungan masyarakat. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai-nilai karakter Islami yang ada di lingkungan Sapta Darma mencakup nilai, aqidah, nilai syari’ah, dan nilai akhlak. Pola asuh yang diterapkan oleh orang tua dalam menginternalisasikan nilai karakter Islami berbeda-beda yakni, pola asuh permisif, demokratis, dan otoriter. Dari tiga pola asuh tersebut dinyatakan bahwa pola asuh demokratis yang dominan digunakan orang tua dalam menginternalisasikan nilai-nilai karakter Islami. Keberhasilan dari pola asuh demokratis adalah terbentuknya nilai karakter religius, mandiri, toleransi dan jiwa gotong royong yang tinggi. Dan anak-anak yang mendapatkan tipe pola asuh ini juga lebih mudah bersosialisasi dan mampu memberi dampak positif pada anak-anak di lingkungan Sapta Darma Desa Kedungrojo Kecamatan Plumpang Kabupaten Tuban.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Akhlak Pendidikan Pendidikan Islam Pendidikan > Anak |
||||||||||||
Keywords: | Internalisasi Nilai; Pola Asuh; Lingkungan Sapta Darma | ||||||||||||
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | ummu melliya Adibah | ||||||||||||
Date Deposited: | 30 Jul 2025 04:00 | ||||||||||||
Last Modified: | 30 Jul 2025 04:00 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/83298 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |