Green attitude sebagai mediator hubungan religiusitas dan enviromental concern terhadap green purchase intention pada produk deodoran organicenter.id konsumen shopee

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putra, Muhamad Bagus Marhaendrasto (2025) Green attitude sebagai mediator hubungan religiusitas dan enviromental concern terhadap green purchase intention pada produk deodoran organicenter.id konsumen shopee. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhamad Bagus Marhaendrasto Putra_08010321019.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Muhamad Bagus Marhaendrasto Putra_08010321019_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 July 2028.

Download (6MB)

Abstract

Dengan meningkatnya kesadaran masyarakat akan isu lingkungan, produk ramah lingkungan semakin diminati. Perubahan perilaku konsumen yang semakin memilih produk berbahan alami untuk mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan, serta pentingnya nilai-nilai religiusitas dalam mendorong perilaku konsumen yang peduli lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran green attitude sebagai mediator dalam hubungan antara religiusitas dan enviromental concern terhadap green purchase intention pada produk deodoran di Organicenter.ID pada konsumen Shopee. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Metode survei adalah teknik pengumpulan data yang digunakan untuk memperoleh informasi langsung dari responden mengenai karakteristik, perilaku, persepsi, dan keyakinan mereka terkait topik tersebut. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 150, yang diperoleh melalui metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan perangkat lunak SPSS. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa religiusitas dan enviromental concern berpengaruh positif terhadap green attitude. Namun, religiusitas tidak berpengaruh secara signifikan terhadap green purchase intention, sementara enviromental concern memiliki pengaruh yang signifikan terhadap green purchase intention. Green attitude terbukti sebagai mediator yang signifikan dalam hubungan antara religiusitas dan enviromental concern terhadap green purchase intention. Penelitian ini memberikan rekomendasi kepada pihak perusahaan untuk mengedukasi konsumen mengenai manfaat produk ramah lingkungan dan mengintegrasikan nilai-nilai religiusitas dalam strategi pemasaran mereka. Selain itu, Penelitian lebih lanjut dapat dilakukan untuk mengeksplorasi faktor-faktor lain yang mempengaruhi green purchase intention.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putra, Muhamad Bagus Marhaendrastoajirekso01@gmail.com08010321019
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAini, Saqofa NabilahSAQOFA.NABILAH.AINI@uinsby.ac.id--
Subjects: Manajemen
Pemasaran
Konsumen
Keywords: Religiusitas; green attitude; enviromental concern; green purchase intention; produk ramah lingkungan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen
Depositing User: Muhamad Bagus Marhaendrasto Putra
Date Deposited: 30 Jul 2025 02:35
Last Modified: 30 Jul 2025 02:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/83310

Actions (login required)

View Item View Item