Analisis pengaruh kecanduan media sosial, motivasi akademik, prokrastinasi, dan kinerja akademik mahasiswa Indonesia menggunakan SEM-PLS

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khoiriyah, Nur 'Azizatul (2025) Analisis pengaruh kecanduan media sosial, motivasi akademik, prokrastinasi, dan kinerja akademik mahasiswa Indonesia menggunakan SEM-PLS. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur ‘Azizatul Khoiriyah_09010221012.pdf

Download (17MB)
[img] Text
Nur ‘Azizatul Khoiriyah_09010221012_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 August 2028.

Download (17MB)

Abstract

Dalam beberapa tahun terakhir, penggunaan media sosial meningkat pesat di kalangan mahasiswa Indonesia. Platform seperti Instagram, TikTok, Twitter, WhatsApp dan YouTube memberikan kemudahan akses informasi, namun juga menimbulkan risiko seperti kecanduan dan penurunan kinerja akademik. Kecanduan ini dapat memicu prokrastinasi akademik, yaitu kecenderungan menunda tugas. Di sisi lain, motivasi akademik berperan penting dalam mendorong keberhasilan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara kecanduan media sosial, motivasi akademik, dan kinerja akademik, serta mengkaji peran mediasi dari prokrastinasi. Data diperoleh melalui kuesioner dan survei menggunakan instrumen Bergen Social Media Addiction Scale, Academic Motivation Scale, Academic Procrastination Scale, dan nilai IPK. Dengan menggunakan metode Structural Equation Modeling-Partial Least Squares (SEM-PLS), penelitian ini menemukan bahwa kecanduan media sosial dan motivasi akademik berpengaruh signifikan terhadap kinerja akademik mahasiswa melalui mediasi prokrastinasi. Kecanduan media sosial memberikan pengaruh negatif yang paling kuat (β = −0,660, p − value < 0,005), diikuti oleh prokrastinasi yang juga berpengaruh negatif (β = −0,104, p − value < 0,005), sementara motivasi akademik memberikan pengaruh positif (β = 0,160, p − value < 0,005) terhadap kinerja akademik. Temuan ini menunjukkan bahwa kecanduan media sosial dan prokrastinasi menurunkan kinerja akademik, sedangkan motivasi yang tinggi dapat meningkatkan kinerja akademik mahasiswa.Temuan ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang faktor-faktor yang memengaruhi kinerja akademik mahasiswa serta memberikan rekomendasi untuk meningkatkan hasil belajar mereka di era digital ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khoiriyah, Nur 'Azizatulkhoiriyahazizah60@gmail.com09010221012
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFarida, Yuniaryuniar_farida@uinsby.ac.id2027057901
Thesis advisorYuliati, DianDIAN.YULIATI@uinsby.ac.id2014078703
Subjects: Matematika
Motivasi Belajar
Media Sosial
Keywords: ecanduan media sosial; kinerja akademik; motivasi akademik; prokrastinasi; SEM-PLS
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Matematika
Depositing User: Nur 'Azizatul Khoiriyah
Date Deposited: 22 Aug 2025 01:47
Last Modified: 22 Aug 2025 01:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/83680

Actions (login required)

View Item View Item