This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Thoyyibah, Wardatut (2011) Korelasi pelaksanaan Program Keaksaraan Fungsional dengan motivasi belajar masyarakat Tuna Aksara pada materi Pendidikan Agama Islam di Desa Karangmangu Ngambon Bojonegoro. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (80kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (154kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (62kB) | Preview |
|
|
Text
bab 4.pdf Download (202kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (43kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (11kB) | Preview |
Abstract
Penulis mengambil judul korelasi pelaksanaan program keaksaraan fungsional dengan motivasi belajar pada materi pendidikan agama Islam di desa Karangmangu. Latar belakang penelitian ini adalah Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2005-2009 dapat diambil kesimpulan bahwa tingkat penurunan buta aksara mencapai 18% dari jumlah 14,58 juta jiwa. Dalam keaksaraan fungsional yang lebih ditekankan adalah menguasai ketrampilan membaca huruf latin tapi sejauh ini kita ketahui ternyata masih ada warga yang belum bisa membaca dan menulis Al Quran dengan baik. Sehingga penulis mencoba memasukkan ketrampilan membaca dan menulis Al Quran dalam program keaksaraan fungsional agar mereka selain menguasai ketrampilan membaca huruf latin juga bisa membaca dan menulis Al Quran dengan baik dan benar.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) bagaimana pelaksanaan program keaksaraan fungsional di desa Karangmangu Ngambon Bojonegoro, (2) bagaimana motivasi belajar Masyarakat tuna aksara pada Materi Pendidikan Agama Islam di desa Karangmangu Ngambon Bojonegoro, (3) adakah korelasi pelaksanaan program keaksaraan fungsional dengan motivasi belajar masyarakat tuna aksara pada materi Pendidikan Agama Islam di desa Karangmangu Ngambon Bojonegoro. Penelitian dilaksanakan terhadap warga belajar yang mengikuti program keaksaraan fungsional yang berjumlah 40 warga belajar di desa Karangmangu. Untuk memperoleh hasil penelitian tersebut, peneliti melakukan penelitian kuantitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu: observasi, interview, angket, dokumentasi. Adapun data yang diperoleh di analisis secara deskriptif dan di analisis dengan menggunakan rumus product moment. Berdasarkan masalah tersebut diatas dan setelah dianalisis dapat disimpulkan bahwa: 1. Pelaksanaan program keaksaraan fungsional berjalan cukup baik, hal ini terbukti dari hasil prosentase 65 %. 2. Motivasi belajar masyarakat tuna aksara pada materi pendidikan agama Islam adalah cukup baik, hal ini terbukti dari hasil prosentase 75,6 %. 3. Adanya korelasi pelaksanaan program keaksaraan fungsional dengan motivasi belajar masyarakat tuna aksara pada materi Pendidikan Agama Islam di desa Karangmangu Ngambon Bojonegoro adalah tergolong kuat atau tinggi, hal ini berdasarkan pada r perhitungan yaitu 0,772 yang berada di antara 0,70 - 0,90.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Metode Pembelajaran | ||||||
Keywords: | Keaksaraan Fungsional; Motivasi Belajar | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 21 Dec 2011 | ||||||
Last Modified: | 25 Sep 2018 05:24 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/9495 |
Actions (login required)
View Item |