Korelasi pelaksanaan Program Keaksaraan Fungsional dengan motivasi belajar masyarakat Tuna Aksara pada materi Pendidikan Agama Islam di Desa Karangmangu Ngambon Bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Thoyyibah, Wardatut (2011) Korelasi pelaksanaan Program Keaksaraan Fungsional dengan motivasi belajar masyarakat Tuna Aksara pada materi Pendidikan Agama Islam di Desa Karangmangu Ngambon Bojonegoro. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (11kB) | Preview

Abstract

Penulis mengambil judul korelasi pelaksanaan program keaksaraan fungsional dengan motivasi belajar pada materi pendidikan agama Islam di desa Karangmangu. Latar belakang penelitian ini adalah Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2005-2009 dapat diambil kesimpulan bahwa tingkat penurunan buta aksara mencapai 18% dari jumlah 14,58 juta jiwa. Dalam keaksaraan fungsional yang lebih ditekankan adalah menguasai ketrampilan membaca huruf latin tapi sejauh ini kita ketahui ternyata masih ada warga yang belum bisa membaca dan menulis Al Quran dengan baik. Sehingga penulis mencoba memasukkan ketrampilan membaca dan menulis Al Quran dalam program keaksaraan fungsional agar mereka selain menguasai ketrampilan membaca huruf latin juga bisa membaca dan menulis Al Quran dengan baik dan benar.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) bagaimana pelaksanaan program keaksaraan fungsional di desa Karangmangu Ngambon Bojonegoro, (2) bagaimana motivasi belajar Masyarakat tuna aksara pada Materi Pendidikan Agama Islam di desa Karangmangu Ngambon Bojonegoro, (3) adakah korelasi pelaksanaan program keaksaraan fungsional dengan motivasi belajar masyarakat tuna aksara pada materi Pendidikan Agama Islam di desa Karangmangu Ngambon Bojonegoro. Penelitian dilaksanakan terhadap warga belajar yang mengikuti program keaksaraan fungsional yang berjumlah 40 warga belajar di desa Karangmangu. Untuk memperoleh hasil penelitian tersebut, peneliti melakukan penelitian kuantitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu: observasi, interview, angket, dokumentasi. Adapun data yang diperoleh di analisis secara deskriptif dan di analisis dengan menggunakan rumus product moment. Berdasarkan masalah tersebut diatas dan setelah dianalisis dapat disimpulkan bahwa: 1. Pelaksanaan program keaksaraan fungsional berjalan cukup baik, hal ini terbukti dari hasil prosentase 65 %. 2. Motivasi belajar masyarakat tuna aksara pada materi pendidikan agama Islam adalah cukup baik, hal ini terbukti dari hasil prosentase 75,6 %. 3. Adanya korelasi pelaksanaan program keaksaraan fungsional dengan motivasi belajar masyarakat tuna aksara pada materi Pendidikan Agama Islam di desa Karangmangu Ngambon Bojonegoro adalah tergolong kuat atau tinggi, hal ini berdasarkan pada r perhitungan yaitu 0,772 yang berada di antara 0,70 - 0,90.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Thoyyibah, Wardatut--UNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Keywords: Keaksaraan Fungsional; Motivasi Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 21 Dec 2011
Last Modified: 25 Sep 2018 05:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/9495

Actions (login required)

View Item View Item