ANALISIS PELETAKAN GENETIC MOMENT SEJARAH MATEMATIKA DALAM AKTIVITAS PEMBELAJARAN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Faiqoh, Zamrotul (2013) ANALISIS PELETAKAN GENETIC MOMENT SEJARAH MATEMATIKA DALAM AKTIVITAS PEMBELAJARAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (834kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (403kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (231kB) | Preview

Abstract

Pembahasan matematika yang ada pada saat ini hanya menekankan pada ide matematika modern, tanpa memberikan perhatian yang sewajarnya pada ide-ide matematika klasik. Akibatnya, banyak siswa yang tidak mengetahui sejarah ditemukannya suatu konsep matematika dan ilmuwan yang berperan, serta mengakibatkan siswa berpikir bahwa matematika hanya sebuah kegiatan mengumpulkan pengetahuan dan teknik. Keadaan yang demikian membuat peneliti tertarik untuk menganalisis beberapa peletakan genetic moment sejarah matematika dalam aktivitas pembelajaran, dengan tujuan untuk menjawab pertanyaan: (1) Sebab-sebab kurang berkembangnya matematika di negara-negara Islam; (2) Pelajaran penting yang dapat diambil dari perkembangan matematika di Eropa; dan (3) Bagaimana genetic moment sejarah matematika diletakkan dalam aktivitas pembelajaran.
Untuk menjawab pertanyaan tersebut, dilakukan suatu penelitian kepustakaan (library research) dengan menggunakan sumber-sumber sekunder berupa buku, jurnal ilmiah, dan dokumen-dokumen lain yang berkaitan. Data-data yang telah terkumpul selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik anotasi bibliografi dengan tahap penelitian yakni organize, synthesize, identify, dan formulate.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) sebab-sebab kurang berkembangnya matematika di negara-negara Islam adalah: (a) peristiwa terbakarnya perpustakaan Kordova yang berisi buku-buku matematika; (b) tidak berkembangnya ilmu pengetahuan lain; (c) negara tidak sanggup memberikan fasilitas untuk melakukan riset-riset matematika; (d) kondisi ekonomi negara-negara Timur Tengah yang tidak mandiri; (e) kekhawatiran umat Islam akan terkontaminasi dengan aliran liberal dari Barat; dan (f) kurangnya apresiasi dari kepala negara Timur Tengah. Seiring dengan kemunduran matematika di wilayah Timur Tengah, matematika mulai dikembangkan oleh warga negara Eropa; (2) pelajaran penting yang dapat diambil dari perkembangan matematika di Eropa yakni: (a) kesungguhan bangsa Eropa untuk mengembangkan ilmu pengetahuan setelah renaissance; (b) apresiasi pemerintah kepada ilmuwan matematika; dan (c) kemandirian ekonomi yang dimiliki oleh salah satu negara di Eropa, yakni Italia; dan (3) beberapa alternatif peletakan genetic moment sejarah matematika dalam aktivitas pembelajaran adalah: (1) konteks pengantar materi pembelajaran; (2) konteks materi pembelajaran; (3) sumber strategi pembelajaran; dan (4) materi pembelajaran.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Pembimbing : Kusaeri
Creators:
CreatorsEmailNIM
Faiqoh, ZamrotulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Sejarah
Keywords: Genetic Moment; Sejarah Matematika; Aktivitas Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 26 Nov 2013
Last Modified: 10 Apr 2015 07:02
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/10386

Actions (login required)

View Item View Item