IDENTIFIKASI KEMAMPUAN RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING DAN TRANSFERRING SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN STRATEGI REACT

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zakiyah, Fathimatuz (2013) IDENTIFIKASI KEMAMPUAN RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING DAN TRANSFERRING SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN STRATEGI REACT. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 6.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (10kB) | Preview

Abstract

Pada hakikatnya belajar adalah suatu proses yang ditandai adanya perubahan pada diri seseorang. Dalam belajar siswa diberi kesempatan untuk menemukan dan menerapkan ide atau strategi mereka sendiri untuk mendapatkan pembelajaran yang bermakna, sehingga penting bagi siswa untuk memiliki kemampuan-kemampuan yang menunjang aktifitas mereka dalam proses pembelajaran tersebut seperti kemampuan relating, experiencing, applying, cooperating dan transferring. Guna melatihkan kemampuan-kemampuan tersebut dapat digunakan strategi pembelajaran REACT, yang terdiri dari 5 strategi yaitu Relating, Experiencing, Applying, Cooperating dan Transferring. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif di kelas VIII-B SMP Negeri 13 Surabaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kemampuan relating, experiencing, applying, cooperating dan transferring siswa dalam proses pembelajaran matematika dengan strategi REACT. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes, metode observasi dan metode wawancara. Metode tes digunakan untuk mengetahui kemampuan relating, applying dan transferring siswa. Metode observasi digunakan untuk mengetahui kemampuan experiencing dan transferring siswa. Metode wawancara digunakan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam beberapa aspek kemampuan relating dan transferring. Setelah dilakukan analisis data penelitian, didapatkan hasil penelitian sebagai berikut: kemampuan relating siswa dalam proses pembelajaran matematika dengan strategi REACT dikategorikan baik dengan rata-rata skor kemampuan relating sebesar 2,67, kemampuan experiencing siswa dalam proses pembelajaran matematika dengan strategi REACT dikategorikan baik dengan rata-rata skor kemampuan experiencing sebesar 3,37, kemampuan applying siswa dalam proses pembelajaran matematika dengan strategi REACT dikategorikan baik dengan rata-rata skor kemampuan applying sebesar 2,53, kemampuan cooperating siswa dalam proses pembelajaran matematika dengan strategi REACT dikategorikan baik dengan rata-rata skor kemampuan cooperating siswa sebesar 3,13, kemampuan transferring siswa dalam proses pembelajaran matematika dengan strategi REACT dikategorikan baik dengan rata-rata skor kemampuan transferring sebesar 3,14.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Pembimbing : Lisanul Uswah Sadieda
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zakiyah, FathimatuzUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Keywords: Kemampuan Relating; Kemampuan Experiencing; Kemampuan Applying; Kemampuan Cooperating; Kemampuan Transferring; REACT
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 26 Nov 2013
Last Modified: 08 Apr 2015 02:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/10392

Actions (login required)

View Item View Item