PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA MELALUI METODE DEMONSTRASI SISWA KELAS V MI MIFTAHUL ULUM KAYUKEBEK TUTUR PASURUAN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nayati, Nayati (2014) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA MELALUI METODE DEMONSTRASI SISWA KELAS V MI MIFTAHUL ULUM KAYUKEBEK TUTUR PASURUAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (90kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPA pada siswa Kelas V MI.Miftahul Ulum, berdasarkan hasil observasi ditemukan masih banyak siswa yang belum mencapai nilai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Hal ini dapat dilihat dari hasil UTS Semester ganjil tahun pelajaran 2013/2014 masih banyak nilai yang dibawah 65. Dalam kajian penelitian ini ada dua hal kami jadikan rumusan masalah yaitu (1) Bagaimanakah penerapan Metode Demonstrasi dalam proses pembelajaran IPA pada siswa kelas V di MI.Miftahul Ulum Kayukebek Tutur Pasuruan ? (2) Apakah penggunaan Metode Demonstrasi dapat meningkatkan prestasi belajar IPA pada siswa kelas V MI. Miftahul Ulum Kayukebek Tutur Pasuruan ?
Penerapan metode demonstrasi pada mata pelajaran IPA siswa kelas V MI Miftahul Ulum Kayukebek Pasuruan ini dilakukan dengan langkah-langkah: Penyampaian Tujuan dan Motivasi, PembagianKelompok, Presentasi Guru, Kegiatan Belajar dalam Tim (Kerja Tim), Kuis (Evaluasi) dan Penghargaan Prestasi Tim. Langkah-langkah tersebut dikembangkan dalam rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) serta di dukung oleh beberapa komponen seperti LKS, Buku Panduan IPA dan media pembelajaran yang lain.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitiannya ialah deskriptif yang bertujuan untuk memaparkan data tentang hasil belajar secara sistematik.Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan penelitian tindakan kelas (PTK).Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan kegiatan kolaborasi antara peneliti, praktisi (guru, dosen dan pendidik lainnya) yang melibatkan peserta didik dalam proses pembelajaran. Apabila guru mengadakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk kelasnya sendiri maka ia bertindak sebagai peneliti sekaligus praktisi.
Paparan data disajikan berdasarkan rumusan masalah meliputi deskripsi penerapan metode demonstrasi, deskripsi aktifitas siswa dan deskripsi hasil belajar siswa, selama mengikuti pembelajaran dengan metode demonstrasi .Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V MI.Miftahul Ulum Desa Kayukebek Kecamatan Tutur Kabupaten Pasuruan yang mengikuti pembelajaran IPA semester genap, tahun pelajaran 2013/2014 sebanyak 21 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan.
Metode Demonstras ini dapat meningkatkan aktifitas siswa kelas V MI.Miftahul Ulum Kayukebek Tutur Pasuruan. Aktifitas tersebut diklasifikasikan menjadi 3 komponen yaitu keaktifan, kerjasama, dan tanggungjawab. Dapat dipaparkan bahwa hasil pengamatan aktifitas pada siklus I mencapai rata-rata 69,6 dan pada siklus II terjadi peningkatan dengan rata-rata 80,95. Hal ini disebabkan guru berperan sebagai fasilitator pembelajaran, serta dapat memotivasi siswa dan mengurangi sikap dominan selama pembelajaran.
Dari Aktifitas belajar ini,hasilbelajar IPA siswakelas V MI. Miftahul Ulum ditunjukkan dengan perolehan skor pada siklus I rata-rata 69,6 sedangkan pada siklus II rata-rata skor meningkat menjadi 80,95 terdapat 19 dari 28 siswa yang telah mencapai KKM atau sebesar 90,4% siswa telah mencapai ketuntasan klasikal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Damanhuri
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nayati, NayatiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Prestasi Belajar
Pendidikan > Metode
Keywords: Prestasi Belajar Siswa; Metode Demonstrasi; Motivasi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Abdul Wahid------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 23 Feb 2015 02:09
Last Modified: 23 Feb 2015 02:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1040

Actions (login required)

View Item View Item