PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENTS) MATERI BILANGAN BULAT MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF NU NGERING LEGOK KECAMATAN GEMPOL KABUPATEN PASURUAN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Majidah, Nuril (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENTS) MATERI BILANGAN BULAT MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF NU NGERING LEGOK KECAMATAN GEMPOL KABUPATEN PASURUAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (75kB) | Preview

Abstract

Pemilihan metode pembelajaran sangat menentukan kualitas pengajaran dalam proses belajar mengajar. Hasil observasi yang dilakukan guru MI. Ma’arif NU. Ngering Legok Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan didapatkan rata-rata 55,11, yang artinya nilai dibawah kriteria ketuntasan minimal siswa kelas V Ma’arif NU. Ngering Legok Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan dalam mata pelajaran matematika yaitu ≥ 70. Siswa yang memperoleh nilai kurang sebanyak 31 siswa (86,11%), yang memiliki nilai cukup 4 siswa (11,11%) dan nilai baik 1 siswa (2,78%).
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Clasrom Action Research) yang dilaksanakan dalam 2 siklus tindakan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penerapan pembelajaran kooperatif model TGT (Teams-Games-Tournaments).
Variabel terikat dalam penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar matematika kelas V materi materi bilangan bulat. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini memerlukan adanya lembar aktivitas siswa, soal turnamen, lembar observasi keaktifan diskusi siswa, tes, dan lembar wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan model TGT (Teams-Games-Tournaments) dapat meningkatkan hasil belajar materi bilangan bulat mata pelajaran matematika bagi siswa kelas V MI. Ma’arif NU. Ngering Legok Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan yaitu diperoleh secara keseluruhan persentase 66,15% dengan kualifikasi kurang sedangkan pada siklus II diperoleh secara keseluruhan persentase 75% hasil belajar siswa dengan kualifikasi cukup.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Jauharoti Alfin
Creators:
CreatorsEmailNIM
Majidah, NurilUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Matematika
Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Hasil Belajar; Model TGT; Matematika; Materi Bilangan Bulat
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Abdul Wahid------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 23 Feb 2015 03:17
Last Modified: 23 Feb 2015 03:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1057

Actions (login required)

View Item View Item