PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN STRATEGI KONFLIK KOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Tussifah, Laiyina (2013) PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN STRATEGI KONFLIK KOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (660kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (427kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (443kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 6.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (93kB) | Preview

Abstract

Seiring dengan perkembangan zaman yang begitu pesat, permasalahan kehidupan yang dihadapi manusia juga semakin kompleks, sehingga menuntut seseorang untuk berpikir kritis. Mengingat begitu pentingnya berpikir kritis tersebut, maka perlu disusun suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Salah satu model pembelajaran matematika yang memberi ruang untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis adalah pembelajaran dengan strategi konflik kognitif. Berdasarkan pemikiran tersebut maka perlu diterapkan pembelajaran dengan strategi konflik kognitif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah dikembangkanya perangkat pembelajaran dengan strategi konflik kognitif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.
Pengembangan perangkat pembelajaran dengan strategi konflik kognitif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan langkah-langkah menurut Thiagarajan, dan Sammel yang terdiri dari empat tahap yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development), dan tahap penyebaran (desseminate). Namun pengembangan pembelajaran dalam penelitian ini dibatasi hingga tahap pengembangan saja. Pembelajaran yang dikembangkan meliputi perangkat pembelajaran, diantaranya RPP, buku siswa, dan LKS. Uji coba dilakukan pada 32 siswa kelas VIII-A MTs. Darul Hikmah Mojokerto.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Pembimbing : A. Saepul Hamdani
Creators:
CreatorsEmailNIM
Tussifah, LaiyinaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Keywords: Pembelajaran Dengan Strategi Kognitif; Berpikir Kritis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 20 Nov 2013
Last Modified: 07 Apr 2015 03:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/10571

Actions (login required)

View Item View Item