ANALISIS SADD AZ ZARI AH TERHADAP PELARANGAN MULTI LEVEL MARKETING (MLM) HAJI OLEH MAJELIS ULAMA INDONESIA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nikmah, Lulu Ainun (2013) ANALISIS SADD AZ ZARI AH TERHADAP PELARANGAN MULTI LEVEL MARKETING (MLM) HAJI OLEH MAJELIS ULAMA INDONESIA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (67kB) | Preview

Abstract

Skripsi yang berjudul Analisis Sadd Az-Zari ahTerhadap Pelarangan Multi Level Marketing (MLM) Haji oleh Majelis Ulama Indonesia ini adalah hasil penelitian pustaka untuk menjawab dua pertanyaan: Bagaimana pelarangan Multi
Level Marketing (MLM) Haji oleh Majelis Ulama Indonesia? dan Bagaimana analisis Sadd Az Zari ah terhadap pelarangan Multi Level Marketing (MLM) Haji oleh Majelis Ulama Indonesia?
Untuk menjawab pertanyaan diatas, maka dalam mengumpulkan data penelitian ini menggunakan studi dokumen. Penelitian ini merupakan penelitian normatif ( legal research). Data penelitian dihimpun melalui studi dokumen, mengumpulkan data yang didasarkan atas literatur, laporan atau publikasi yang ada berdasarkan penelitian-penelitian lain yang sesuai. Selanjutnya, dianalisis dengan menggunakan teknik Deskriptif-Analitis, yaitu menggambarkan kondisi dan situasi yang tertuang dalam data yang diperoleh tentang pelarangan Multi Level Marketing (MLM) Haji oleh Majelis Ulama Indonesia kemudian dianalisis dengan menggunakan pola pikir Deduktif yaitu menganalisa data umum dan didukung dengan teori Sadd Az Zari ah sebagai dasar membangun sebuah hipotesis yang kemudian ditarik suatu kesimpulan yang bersifat khusus yaitu tentang pelarangan Multi Level Marketing (MLM) Haji oleh Majelis Ulama Indonesia.
Pelarangan terhadap Multi Level Marketing (MLM) Haji yang dilakukan oleh Majelis Ulama Indonesia, yaitu:
a. terjadinya kasus penipuan ( gharar) yang dilakukan oleh Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK);
b. mengumpulkan dana masyarakat dengan iming-iming biaya murah untuk dapat berangkat haji;
c. mengarah pada sistem money game (penggandaan uang);
d. seseorang yang ingin menunaikan ibadah haji tidak diperkenankan berhutang; dan
e. praktek Multi Level Marketing (MLM) haji bermotif mencari keuntungan.
Analisis Sadd Az Zari ah terhadap pelarangan Multi Level Marketing (MLM) Haji oleh Majelis Ulama Indonesia, yaitu: a. rentan terjadi penipuan, kuota haji sangat terbatas, dan mutlak diatur oleh Pemerintah (Kementerian Agama Republik Indonesia); b. memperdaya ummat agar tergoda dengan iming-iming; c. dampak-dampak lain yang ditimbulkan dari penggunaan (MLM) Haji.
Sejalan dengan kesimpulan di atas, sudah sepantasnya Majelis Ulama Indonesia melarang dan menghentikan praktek sistem Multi Level Marketing (MLM) Haji yang sudah mengepakkan sayap-sayapnya ke masyarakat agar tidak muncul lagi dampak-dampak negatif lainnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nikmah, Lulu AinunUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Muamalat Muamalah
Keywords: Multi Level Marketing; MLM
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 15 Nov 2013
Last Modified: 31 Mar 2015 08:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/10645

Actions (login required)

View Item View Item