PERAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-AMIN SAWAH PULO SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Qodriyah, Siti Khoirul (2013) PERAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-AMIN SAWAH PULO SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (84kB) | Preview

Abstract

Kepala Madrasah merupakan salah satu komponen pendidikan yang berpengaruh dalam meningkatkan kinerja guru. Kepala Madrasah bertanggung jawab atas penyelenggaraan kegiatan pendidikan, administrasi sekolah, pembinaan tenaga kependidikan lainnya, dan pendayagunaan serta pemeliharaan sarana dan prasarana. Hal tersebut menjadi lebih penting sejalan dengan semakin kompleksnya tuntutan tugas Kepala Madrasah, yang menghendaki dukungan kinerja yang semakin efektif dan efisien. Kinerja seseorang terhadap pekerjaan tertentu dalam kurun waktu tertentu dapat diukur berdasarkan kemampuan dan komitmen. Peran Kepala Madrasah dalam meningkatkan kinerja guru secara keseluruhan mencakup pada: penguasaan bahan ajar oleh guru, kemampuan guru mengelola pembelajaran dan komitmen guru dalam menjalankan tugas dalam menjalankan tugas.
Skripsi ini adalah hasil penelitian dengan menggunakan pendekatan Kualitatif Deskriptif untuk menjawab pertanyaan: Bagaimana peran Kepala Madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di Madrasah Ibtidaiyah Al Amin Sawah Pulo Surabaya dan apa faktor pendukung dan penghambat Kepala Madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di Madrasah Ibtidaiyah Al Amin Sawah Pulo Surabaya? Data penelitian dihimpun melalui metode pengumpulan data (interview, observasi dan dokumentasi) serta menentukan instrumen yang sesuai dengan permasalahan yang akan diteliti dan selanjutnya dianalisa dengan analisis selama pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Peran Kepala Madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MI Al Amin Sawah Pulo Surabaya dapat tercapai dengan memprioritaskan madrasah dalam : penguasaan bahan ajar, kemampuan mengelola pembelajaran dan komitmen menjalankan tugas. Faktor-faktor yang menjadi faktor pendukung dalam meningkatkan kinerja guru di MI Al-Amin Sawah Pulo Surabaya: sikap jujur guru, penghargaan terhadap hasrat dan kebutuhan guru untuk maju, iklim komunikasi demokrasi yang serasi dan manusiawi antara pimpinan dan karyawan. Sedangkan yang menjadi faktor penghambat dalam meningkatkan kinerja guru di MI Al-Amin Sawah Pulo Surabaya: volume upah kerja yang belum memenuhi kebutuhan guru, Keterbatasan sarana yang menunjang bagi kesejahteraan mental dan fisik, suasana mengajar yang kurang menggairahkan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Pembimbing : Mahfudh Shalahuddin
Creators:
CreatorsEmailNIM
Qodriyah, Siti KhoirulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Profesionalisme Guru
Keywords: Peran Kepala Madrasah; Kinerja Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 18 Nov 2013
Last Modified: 02 Apr 2015 06:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/10687

Actions (login required)

View Item View Item