FA'ALIYAH TATBIQ NAMUDHAZ TA'ALLUM AL-MA'KUS "FLIPPED CLASSROOM MODEL" LITARQIYAH MAHARAH AL KITABAH LADA AT TULLAB FI AL FASHL AL TSAMIN BIMADRASAH BILINGUAL AL MUTAWASSITAH AL ISLAMIYAH PUCANG SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohmah, Iftitahur (2016) FA'ALIYAH TATBIQ NAMUDHAZ TA'ALLUM AL-MA'KUS "FLIPPED CLASSROOM MODEL" LITARQIYAH MAHARAH AL KITABAH LADA AT TULLAB FI AL FASHL AL TSAMIN BIMADRASAH BILINGUAL AL MUTAWASSITAH AL ISLAMIYAH PUCANG SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (884kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (430kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (829kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (778kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (952kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (467kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (369kB) | Preview

Abstract

Menulis adalah aktivitas mengungkapkan gagasan melalui media bahasa. Melalui menulis orang dapat menyampaikan informasi melalui tulisan kepada orang lain, sehingga pesan yang ingin disampaikan dapat tersalurkan. Fenomena yang terjadi saat ini menujukkan rendahnya kualitas proses dan hasil pembelajaran menulis bahasa Arab. Kesulitan yang dihadapi siswa yaitu minimnya kosakata serta kurangnya pemahaman terhadap penyusunan kalimat yang benar. Penyebab lain adalah kurangnya pembiasaan menulis disekolah karena alokasi waktu yang singkat. Sehingga pembelajaran menulis kurang maksimal.Dalam hal ini penulis menawarkan sebuah solusi melalui pembelajaran Flipped classroom yang merupakan strategi yang dapat diberikan oleh pendidik dengan cara meminimalkan jumlah instruksi langsung dalam praktek mengajar mereka sambil memaksimalkan interaksi satu sama lain. Strategi ini memanfaatkan teknologi yang menyediakan tambahan yang mendukung materi pembelajaran bagi siswa yang dapat diakses secara online/offline. Hal ini membebaskan waktu kelas yang sebelumnya telah digunakan untuk pembelajaran.Dalam penelitian ini peneliti ingin mengetahui efektifitas penerapan Model pembelajaran Flipped Classroom. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan rumusan masalah: 1). Bagaimana kemampuan menulis bahasa Arab Siswa kelas VIII A MTs. Bilingual Muslimat NU Pucang Sidoarjo?, 2). Bagaimana Penerapan Model pembelajaran Flipped Classroom pada Siswa kelas VIII A MTs. Bilingual Muslimat NU Pucang Sidoarjo, 3). Bagaimana efektifitas Penerapan Model pembelajaran Flipped Classroom pada Siswa kelas VIII A MTs. Bilingual Muslimat NU Pucang Sidoarjo. Adapun instrumen penelitian yang digunakan adalah: Observasi, Dokumentasi, Angket, Tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan “Flipped Classroom Model” terbukti efektif hal ini bisa dilihat dari analisis yang dilakukan peneliti dengan menggunakan rumus Ttest yang menunjukkan bahwa Thitung lebih besar dari Ttabel dengan nilai positif (17,454 > 1,697) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Begitu juga dengan signifikan probabilitas data lebih kecil dari derajat alfa (kesalahan) yaitu 0,00 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya Penerapan Model pembelajaran Flipped Classroom efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis bahasa Arab pada Siswa kelas VIII A MTs. Bilingual Muslimat NU Pucang Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohmah, Iftitahuriftita.arrohma@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Keywords: Flipped classroom model; maharah kitabah; model pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Iftitahur Rohmah
Date Deposited: 22 Aug 2016 07:43
Last Modified: 22 Aug 2016 07:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/10752

Actions (login required)

View Item View Item