POLAPERKADERANHIMPUNAN MAHASISWA ISLAM (HMI) DALAM PEMEMBENTUKAN KAREKTER ANGGOTA DI FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN IAIN SUNAN AMPEL SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hasanah, Izzatul (2013) POLAPERKADERANHIMPUNAN MAHASISWA ISLAM (HMI) DALAM PEMEMBENTUKAN KAREKTER ANGGOTA DI FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN IAIN SUNAN AMPEL SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
babi.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
babii.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
babiii.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
babiv.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Organisasi merupakan sekumpulan manusia yang bergabung menjadi sebuah wadah dan bekerjasama untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Dalam setiap organisasi pastilah ada generasi penerus yang akan melanjutkan cita-cita dari sebuah organisasi, dan pastinya memerlukan sebuah perkaderan untuk para penerus-penerus organisasi. Mengingat begitu pentingnya sebuah perkaderan pasti semua organisasi memiliki pola yang berbeda dalam mengkader para penerusnya.
Begitu pula di HMI, HMI merupakan salah satu organisasi yang berfungsi sebagai organisasi kader, pastinya juga memerlukan sebuah proses kaderisasi, yang mana bertujuan untuk menciptakan penerus-penerus perjuangan organisasi dalam mencapai sebuah tujuan yang dicita-citakan. Perkaderan HMI merupakan suatu usaha organisasi yang dilaksanakan secara sistematis dan selaras dengan pedoman perkaderan, serta harus di orientasikan kepada proses pembentukan kader yang berkarakter.
Penelitianinibertujuanuntukmendapatgambarantentangpola perkaderan HMI dalam membentuk karekter anggota di fakultas tarbiyah IAIN sunan Ampel Surabaya, bagaimanakah pola perkaderan yang dimiliki HMI dalam membentuk karakter anggota, apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat dalam proses perkaderan HMI dalam membentuk karakter anggota.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, yang menggunakan metode pengumpulan data melalui observasi yang berupa pengamatan lapangan, wawancara serta dokumentasi. Adapun informan dalam penelitian ini ialah unsur-unsur training yang terlibat dalam perkaderan di HMI FakultasTarbiyah.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pola perkaderan HMI sangat menekankan sekali terhadap aspek-aspek pembentukan karakter guna membentuk kader-kader yang professional dan berkualitas insane cita. Dalam upaya untuk membentuk karakter pada anggota, HMI mempunyai sebuah pola perkaderan yang sistematis dan variatif, dari sebuah penanaman pola pikir, proses pembentukan pola pikir, kemudian pengembangan-pengembangan nilai-nilai yang dapat membentuk karakter anggota tersebut.
Terdapat pula factor pendukung dan penghambat dalam proses perkaderan di HMI fakultas tarbiyah. Namun pola perkaderan di HMI Komisaiat Tarbiyah IAIN Sunan Ampel Surabaya merupakan pola perkaderan yang paling baik diantara HMI Komisariat lain di tataran cabang Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Ali Maksum
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hasanah, IzzatulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Keywords: Pola Perkaderan HMI; Pembentukan Karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 17 Jan 2014
Last Modified: 16 Apr 2015 06:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/10835

Actions (login required)

View Item View Item